Blog UAJY Aris

Studi Perbandingan Materi Teks Eksposisi Pada KTSP 2006 dan K-13

Posted: October 12th 2018

Analisa ini memiliki tujuan buat paham ketaksamaan materi serta evaluasi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013. Ada tiga obyek sebagai konsentrasi khusus dalam analisa ini, ialah (1) wawasan guru Bahasa Indonesia pada ketaksamaan rencana teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013 ; (2) perbandingan materi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013 ; dan (3) perbandingan pelaksanaan evaluasi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013.

Analisa ini adalah analisa deskriptif kualitatif dengan tipe analisa komparasi. Sumber data dalam analisa ini merupakan guru Bahasa Indonesia kelas VII SMP di Kota Yogyakarta yg udah mengerjakan Kurikulum 2013. Data analisa diraih dari interview serta dokumentasi. Kajian data dilaksanakan dalam sejumlah babak, ialah 1) memproduksi serta menyediakan data buat dianalisis ; 2) membaca seluruh data ; 3) pelajari lebih terperinci dengan meng-coding data ; 4) menempatkan proses coding buat mendeskipsikan setting, beberapa orang, kategori-kategori, serta tema-tema yg bakal dianalisis ; 5) memberikan bagaimana uraian serta obyek disediakan kembali dalam cerita/laporan kualitatif ; serta 6) menginterpretasi atau memaknai data.

Related Post : contoh teks eksposisi

Hasil analisa memberikan (1) Banyak guru yg tetap kebingungan berkenaan pergantian rencana materi pada Kurikulum 2013. Wawasan guru tetap condong terpaku pada esensi teks eksposisi yg “memaparkan” seperti yg dimengerti dalam KTSP 2006, dan pada Kurikulum 2013 teks eksposisi udah menuju ke bentuk pandangan argumentatif. (2) Ada ketaksamaan penyajian materi teks eksposisi pada BSE KTSP 2006 serta buku siswa Kurikulum 2013. Bedanya, pada KTSP 2006 tak ada penyebutan materi teks eksposisi dengan cara langsung. Teks eksposisi terintegrasi ke KD menulis.

Artikel terkait : teks eksposisi

Disamping itu, pada Kurikulum 2013 materi teks eksposisi mandiri. Materi tata bahasa terintegrasi ke materi teks eksposisi hingga siswa bisa mendalami teks eksposisi dengan cara utuh, mencakup susunan, kegunaan sosial, serta ciri kebahasaan. (3) Ada ketaksamaan serta padanan pelaksanaan evaluasi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013. Ketaksamaan diketemukan pada KD, RPP, materi, dan pelajari. Disamping itu, padanan diketemukan pada sistem yg dimanfaatkan, pengutusan siswa, sumber belajar yg dimanfaatkan, serta penilaian yg dikedepankan pada bentuk penilaian otentik.

Pada KTSP 2006 penilaian dikhususkan pada faktor pengetahuan serta keahlian. Sesaat pada Kurikulum 2013 penilaian dilaksanakan pada tiga ranah, ialah pengetahuan, keahlian, serta sikap. (4) Guru terima pergantian Kurikulum jadi satu perubahan yg positif, walaupun tetap ada beragam kekurangan dalam implementasi Kurikulum 2013.

Read more : Eksposisi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php