Blog UAJY Aris

Sri Sultan Ajak Indonesia Kembali ke Demokrasi Pancasila

Posted: November 10th 2018

Mempunyai arti, lanjut Mahyudin, dengan ongkos yg sangatlah mahal tersebut, banyak calon kadangkala nekat maju namun memanfaatkan sponsor yg tentulah laku prinsip ‘Tak ada makan siang gratis’.

” Banyak sponsor semestinya mau upayanya aman, mau tambangnya tak jadi perkara, mau seluruhnya, selanjutnya apakah? Ya sehabis duduk perkara mulai banyak muncul serta ujungnya masuk penjara, ” jelasnya.

Baca Juga: pengertian demokrasi

Disamping itu pada tempat yg sama, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuono X menilainya metode demokrasi di Indonesia itu tidak mesti mencontek negara beda. Lantaran bangsa ini udah punyai Pancasila.

Baca Juga: pancasila sebagai dasar negara

” Indonesia mesti kembali lagi demokrasi Pancasila jadi jati diri bangsa. Biarkanlah Amerika serta Tiongkok berdemokrasi ala mereka sendiri, kita bisa juga berdemokrasi dengan ala kita sendiri, ” kata Sultan.

Menurut Sultan, Indonesia sekarang menempatkan metode demokrasi langsung yg terlampau kebarat-baratan. Karean demokrasi langsung ini, pada satu segi dikehendaki bisa melahirkan keikutsertaan rakyat dalam tentukan pemimpinnya. Tetapi di lain bagian, cost demokrasi mode begini sangatlah mahal.

Artikel Terkait: sistem pemerintahan Indonesia

” Resikonya, barter kuasa pada kedaulatan rakyat dengan uang calon kepala daerah berubah menjadi suatu hal yg sukar terlewatkan, ” ujarnya.

Seterusnya, Sultan pun mengharapkan, Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan nyaman serta aman untuk warga Indonesia. Termasuk juga, siapa lantas capres serta wapres dipilih kelak, mesti dapat di terima dengan luas dada.

” Hakikatnya kata Sultan, siapa-siapa saja presiden serta wapres dipilih, merupakan wakil dari semua susunan warga. Jadi tidak hanya mewakili banyak pemilih atau pendukungnya saja. Sama sama mengakomodir, siapa lantas yg menang kelak, ” katanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php