Blog UAJY Aris

Indonesia Perjuangkan Isu Sawit dalam Pertemuan ASEAN

Posted: February 6th 2019

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebelumnya mengatakan realisasi perjanjian hubungan bilateral Indonesia dengan empat negara yang tergabung dalam European Free Trade Association (EFTA) alot karena pembahasan soal sawit.

“Proses ini dari nego yang kami lakukan, hambatan utama kenapa lama adalah karena mereka menahan sawit. Untuk itu kita tahan salmon dari Norway,” kata Enggartiasto, Ahad, 16 Desember 2018.

Pada pertengahan Desember tahun lalu Indonesia dengan empat negara EFTA yang terdiri dari Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia menandatangani lndonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (lE-CEPA).

Baca Juga: HRD adalah

Meski pembahasan mengenai sawit alot untuk disetujui bersama, Enggartiasto tetap berusaha agar sawit bisa luas masuk pasar di empat negara itu. “Saya tidak mau mundur, orang sudah proses jalan karean ada satu soal itu, jadi sia sia,” ujar dia.

Artikel Terkait: Agama di indonesia

Menurut Enggartiasto, proses negosiasi alot karena semua pihak ingin sama-sama untung. Enggartiasto mengatakan, Indonesia bersikeras agar negara-negara tersebut membuka pasar sawit dari Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php