Blog UAJY Aris

DPR Yunani Setujui Anggaran Baru

Posted: December 19th 2018

Dewan Perwakilan Rakyat Yunani, Selasa (18/12) malam menyetujui anggaran negara yang sedang dililit utang itu untuk 2019. Ini adalah anggaran pertama sejak Yunani keluar dari program dana talangan yang berlangsung delapan tahun.

Baca Juga: Angka Romawi

Anggaran, yang disetujui DPR dengan suara 154 banding 143 itu, masih menitikberatkan pada langkah-langkah penghematan untuk memastikan Yunani mencatat surplus besar, sesuai kesepakatan bantuan utang dengan kreditor internasional.

Artikel Terkait: pengertian anggaran

Sebelumnya pada Selasa, juru bicara pemerintah, Dimitris Tzanakopoulos, mengatakan itu adalah anggaran pertama yang diusulkan Yunani dalam 10 tahun yang akan disusun “berdasar kebebasan finansial dan politik” yang relatif dari kreditur bailout.

Sementara perdebatan mendekati selesai, lebih dari 2.000 orang berdemonstrasi dengan damai di luar parlemen dalam dua protes terpisah yang diusulkan serikat buruh.

Anggaran yang diajukan pemerintah pimpinan sayap kiri itu meramalkan ekonomi Yunani yang terpukul akan tumbuh 2,1 persen pada 2018 dan 2,5 persen pada 2019. Beban utang ditetapkan turun dari 180,4 persen dari output tahun ini menjadi 167,8 persen tahun depan.

Yunani umumnya berutang pada mitra Eropa dan Dana Moneter Internasional. Kesepakatan bantuan utang menjamin persyaratan pembayaran yang menguntungkan, tetapi sebagai imbalannya negara itu harus mencapai surplus anggaran selama puluhan tahun ke depan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php