Blog UAJY Aris

Cara untuk Mendorong Kerja Sama Internasional

Posted: February 14th 2019

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau bisa saja dengan makna bahasa Inggrisnya United Nations (UN) merupakan organisasi internasional yg dibuat pada 24 Oktober 1945. Dibentuknya organisasi internasional ini buat mendorongnya kerja sama internasional.

Sebelum dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa, udah dibuat organisasi internasional, ialah Liga Bangsa-Bangsa yg dibuat pasca-Perang Dunia II buat menjauhi perseteruan yg sama.

Dalam tiap-tiap pembentukan awal satu organisasi pastinya punyai maksud. Begitu juga awal dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam PBB ikut ada azas serta maksud PBB biar kemampuan serta soal basic dibuat organisasi terus ada serta tak keluar dari maksud khusus dibentuknya organisasi itu.

Oleh karena ada azas serta maksud PBB, karena itu Perserikatan Bangsa-Bangsa dikehendaki bisa mewujudkan impian serta dambaan berbarengan dan capai hasil akhir di waktu mendatang.

Dalam artikel ini bakal memaparkan umumnya Perserikatan Bangsa-Bangsa, azas serta maksud PBB. Selanjutnya pembicaraannya yg sukses disatukan Liputan6. com, Selasa (15/1/2019) dari situs sah PBB.

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations
Ketika dibuat, PBB punyai 51 negara anggota, sekarang ada 193 anggota. Tidak cuman negara anggota, sejumlah organisasi internasional, serta organisasi antar-negara memperoleh tempat jadi pengamat permanen yg miliki kantor di Markas Besar PBB, serta juga ada yg cuma berstatus jadi pengamat.

Palestina serta Vatikan merupakan negara bukan anggota (non-member states) serta termasuk juga pengamat permanen (Tahta Suci miliki wakil permanen di PBB, dan Palestina miliki kantor permanen di PBB) .

Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa terdapat di New York, Amerika Serikat, serta punyai hak ekstrateritorialitas. Kantor khusus beda terdapat di Jenewa, Nairobi, serta Wina. Organisasi ini didanai dari sumbangan yg ditaksir serta suka-rela dari sekian banyak negara anggotanya.

Sepanjang Perang Dunia II, Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt mengawali penuturan perihal tubuh penerus Liga Bangsa-Bangsa dengan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill diatas kapal perang Augusta di Teluk New Foundland.

Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa diatur dalam suatu pertemuan pada April-Juni 1945. Piagam ini mulai laku pada 24 Oktober 1945 yg pertanda PBB mulai beroperasi. Sidang Umum yg pertama dikunjungi wakil dari 51 negara baru berjalan pada 10 Januari 1946 di Church House, London.

3 dari 4 halaman
Azas Perserikatan Bangsa-Bangsa
Azas Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam clausal 2 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa diputuskan tujuh azas merupakan sebagaimana berikut :

  1. PBB dibuat atas basic padanan tempat dari semua anggota. Semasing anggota miliki kedaulatan yg sama.
  2. Semua anggota mesti penuhi kewajiban-kewajiban mereka dengan ikhlas sama seperti tertulis dalam piagam PBB. Setiap anggota dengan sepenuh hati mesti penuhi kewajiban-kewajibannya sama seperti tertulis dalam Piagam
  3. Semua anggota bakal menuntaskan perselisihan internasional mereka dengan cara damai. Semua anggota mesti menuntaskan tiap-tiap persengketaan internasional mereka dengan jalan damai hingga tak membehayakan perdamaian, keamanan serta keadilan.
  4. Dalam mengerjakan interaksi internasional tiap-tiap anggota mesti menjauhi pemanfaatan ultimatum serta kekerasan pada negar-negara beda.

Dalam perhubungan internasional semua anggota mesti menghindar tindakan-tindakan yg berwujud ultimatum atau kekerasan pada satu daerah atau kemerdekaan politik satu negara yg bertentangan dengan tujuan-tujuan PBB.

  1. Semua anggota mesti mendukung PBB dalam tindakan-tindakan yg diambilnya menurut keputusan piagam PBB.

Semua anggota bakal berikan pemberian apakah saja yg dibutuhkan serta dikerjakan oleh PBB sesuai keputusan yg berada pada dalam Piagam, dan tak kan berikan pemberian terhadap negara mana saja, apabila PBB tengah menjalankan perbuatan pada negara itu.

Baca Juga: pengertian konstitusi

  1. PBB bakal mengontrol biar sekian banyak negara yg bukan anggota melakukan tindakan sesuai asas-asas yg diputuskan oleh PBB.

PBB menanggung kalau sekian banyak negara yg bukan anggota akan juga melakukan tindakan serasi dengan dasar-dasar/asas-asas ini, sekadar butuh buat membela perdamaian serta keamanan internasional.

Artikel Terkait: pancasila sebagai ideologi terbuka

  1. PBB tak kan keterlibatan soal dalam negeri semasing negara anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php