Blog UAJY Aris

Beginilah Yang Harus Anda Lakukan Agar Rumah Tak ‘Dijajah’ Rayap

Posted: June 18th 2019

Rayap merupakan hewan kecil yang sangat menjengkelkan. Kekuatan giginya mampu merusak pondasi bahkan instalasi listrik di rumah. Kayu-kayu di rumah bahkan bisa hancur karena digigiti seranggga ini.

Dikutip dari At Home, rayap menyerang kayu yang berhubungan dengan tanah, lalu masuk melalui retakan atau rongga dinding dan fondasi. Binatang ini membuat liang–liang kembar di atas permukaan kayu beton atau pipa.

Baca Juga: wallpaper dinding kamar

Kerusakan yang disebabkan rayap tidak terbatas pada kayu. Rayap juga menyerang instalasi listrik dan instalasi AC, serta biasanya menyerang plafon, kusen baik jendela atau pintu dan furnitur kayu.

Salah satu cara pembasmian rayap dengan bahan kimia yang bersifat racun. Digunakan pada tanah yang ditentukan kadar kepekatannya. Pengerjaannya dengan cara dibor pada lantai atau dinding, lalu bahan kimia diinjeksi dengan jarak tertentu. Cara ini bisa bertahan hingga 12 bulan.

Hanya saja metode ini tidak aman bagi anak-anak dan hewan. Selain itu, menimbulkan bau yang dapat mengganggu anggota keluarga.

Dengan kemajuan teknologi, ancaman rayap bisa dicegah dengan anti rayap. Produk anti rayap menggunakan 0,5 gram Hexaflumuron yang jika dimakan rayap, delapan minggu kemudian rayap akan berganti kulit. Kulit lamanya pecah sementara kulit barunya tidak terbentuk lagi hingga rayap mengalami dehidrasi, kekeringan dan mati.

Artikel Terkait: harga kaca

Sistem penanganan ini tidak meracuni lingkungan, karena tidak ada penyemprotan, juga lebih aman bagi interior karena tidak menebar bau dan tidak merusak lantai atau dinding. Biaya penggunaan layanan ini dihitung berdasarkan panjang keliling dinding bangunan dalam satuan meter jumlah lantai dan fungsi bangunannya.

Ada juga tips agar rumah tak dipenuhi rayap. Pertama, hilangkan peluang yang bisa menimbulkan datangnya rayap, seperti area kayu yang lembab.

Buang kayu–kayu bekas yang sudah tidak terpakai, yang merupakan makanan dan tempat yang sangat digemari rayap.

Jangan menanam tanaman yang digemari rayap, misalnya, pohon palem. Untuk kitchen set, buat yang tidak menempel pada dinding dan dibawahnya diberikan roda agar dapat dibersihkan sewaktu-waktu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php