Blog UAJY Aris

Beginilah Penyebab Omset Aneka Pot Meningkat Saat lebaran

Posted: June 26th 2019

Pesanan pot hasil tangan Tambrin Lahati, (43) Warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, mengalami peningkatan pada bulan Ramadhan.
Kerajinan tangan berupa pot bunga berbahan pasir dan semen atau cor yang memulai usaha itu sejak 2013. Dari kreasi tangannya, aneka pot bunga beragam motif cantik berhasil tercipta di Istana Pot.

Baca Juga: harga keramik

Menurutnya, usaha yang Ia geluti selama 5 tahun ini cukup menjanjikan. Ia hanya memerlukan komposisi berupa semen, pasir, kawat dan cat tembok untuk membuat kerajinan tersebut.

“Bahan bakunya, semen, pasir, cat tembok, serta peralatan berupa tropol dan piso dumpul. Pembuatannya pun masih secara manual, yah Syukurlah dalam sehari bisa memproduksi 12 hingga 20 biji pot dengan omset kurang lebih 400 sampai 500 ribu per hari,” ungkap Papa Fahmi sapaan akrabnya, Selasa, (28/05/2018).

Dari adonan bahan itu, ia membentuknya menggunakan alat cetakan manual menjadi beragam model pot bunga dan ukurannya. Masing-masing pot Ia hargai antara Rp 35 ribu hingga 350 ribu tergantung model dan tingkat kesulitan dalam membuat. “Harganya bervariasi tergantung tingkat kesulitannya.

Ada juga pemesan dari luar daerah, ada juga yang sudah jadi langganan. Yah, syukurlah dalam sehari penjualannya bisa tembus ratusan ribu dan mampu menopang kebutuhan ekonomi keluarga kami,” ujarnya. Dia berharap, usaha ini dapat terus berkembang sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Artikel Terkait: triplek

“Yah harapannya seperti itu, bisa berkembang dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Apalagi sekarang kebutuhan lapangan pekerjaan sangan minim,” tukas Bapak satu anak ini, sembari berharap pemerintah dapat memberikan bantuan alat cetak untuk mengembangkan usahanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php