Blog UAJY Aris

Begini Alasan Pentingnya Belajar Mengenal Kata Bahasa Arab

Posted: January 9th 2019

Bila ada pertanyaan, mana yg terpenting belajar bahasa Inggris atau bahasa Arab, sebab itu jawabannya bisa berbeda.

Baca Juga: kelompok sosial

Namun, buat seorang Muslim, belajar bahasa Arab satu keharusan. Mengapa? Satu diantaranya faktanya, dikarenakan kitab suci Alquran dan Sunnah menjadi pegangan hidup, pakai bahasa Arab.

Artikel Terkait: pengertian konstitusi

Imam Syafi’i berkata, ” Manusia tak jadi bodoh dan terus berselisih tahu kecuali lantaran mereka tinggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan gagasan Aristoteles. ” (Siyaru A’lamin Nubala : 10/74)

Nah, berikut ini dijabarkan beberapa keutamaan memahami bahasa Arab :

  1. Bahasa Alquran

Keunggulan bahasa Arab di katakan dalam Alquran lebih dari sepuluh tempat, satu diantaranya pada ayat, ” Sesungguhnya telah Kami buatkan buat manusia dalam Alquran ini setiap variasi perumpamaan agar mereka dapat pelajaran. (Ialah) Alquran dalam bahasa Arab yg tak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa. ” (QS. Az-Zumar : 27-28)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, ” Bahasa Arab yakni syi’ar Islam dan syi’ar banyak muslimin. ” (Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim)

  1. Lebih Enteng Belajar Alquran

Dengan memahami bahasa Arab lebih enteng dalam menghafalkan, memahami, mengarahkan dan mengamalkan isi Alquran. Dengan modal bahasa Arab bisa enteng pun dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.

  1. Enteng Memahami Islam

Orang yg tahu bahasa Arab, lebih tahu kaedah-kaedah dalam pengetahuan nahwu bisa semakin bertambah enteng memahami Islam ketimbang yg tak mempelajarinya sekalinya. Ditambah kembali kalau pekerjaan seseorang berubah menjadi penyampai dakwah, jadi seorang dai, kiai atau ustaz, selayaknya lebih mendorong kembali mempelajarinya biar enteng memberikan wacana agama yg benar pada seseorang banyak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php