Blog UAJY Aris

Begini Alasan Mengapa Seorang Muslim Harus Belajar Bahasa Arab

Posted: January 9th 2019

Jauh sebelum Arab Saudi mengusahakan mengubah sistem evaluasi bahasa Arab, intelektual Indonesia Mahmud Yunus (1899-1982) udah lebih dahulu tawarkan sistem langsung evaluasi bahasa Alquran. Kala guru lebih aktif serta menguasai berbahasa Arab, dan murid condong pasif, Yunus tawarkan sistem tidak sama. Ia mengarahkan siswanya buat lebih aktif berkata serta menulis Arab, hingga mereka tambah cepat kuasai bahasa itu.

Sistem ini dipraktekkan Pondok Moderen Darussalam Gontor. Salah seseorang pendirinya KH Imam Zarkasyi (1910-1985) berbarengan Imam Syubani membuat buku pelajaran bahasa Arab (Durusul lughah al-Arabiyah) memanfaatkan sistem langsung (direct method) . Kitab barusan berubah menjadi rekomendasi evaluasi bahasa Arab beberapa ribu ponpes.

Baca Juga: sumber hukum

Dari instansi pendidikan itu semua lahirlah juta-an generasi Muslim yg kuasai bahasa Alquran. Mereka gak alergi membaca naskah serta mendalami pidato berbahasa Arab. Kapabilitas itu bikin mereka memakai kabar Timur Tengah buat keperluan pendidikan, ekonomi, serta kebudayaan.

Baca Juga: pancasila sebagai ideologi terbuka

Direktur Bashaer Asia Publishing Ilham Jaya Abdurrauf kerap menemani ulama Arab yg mendatangi Indonesia. Terhadap saya ia cerita, saat ini makin bertambah populasi yg cerdas berbahasa Arab hingga Ilham gak sibuk berubah menjadi penerjemah.

Artikel Terkait: ideologi adalah

Ini merupakan isyarat, di Indonesia : negeri dengan banyaknya Muslim paling besar pada dunia, bahasa Arab bakal kembali berjaya seperti dahulu disaat belum juga dijajah Eropa. Insya Allah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php