Blog UAJY Aris

Asosiasi Guru Penulis Indonesia Konsern Menulis Buku Mata Pelajaran

Posted: January 25th 2019

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Sulawesi Selatan, Muhammad Ardy Ali SSos MM, memotivasi guru untuk menuangkan pemikiran-pemikiran mereka dalam bentuk buku.

Baca Juga: contoh biografi

Karena itu, organisasi yang dipimpinnya, yang konsern pada literasi dan kepenulisan membuat program satu buku satu tahun.

Baca Juga: Penulisan tanggal dalam bahasa inggris

“Alhamdulillah, program satu buku satu tahun sudah melampaui target,” kata Ardy Ali membuka pembicaraan, Kamis (17/1/2019).

Tahun 2018, para guru yang tergabung dalam Agupena menelorkan sebanyak 14 judul buku dari berbagai genre. Ada yang berupa kumpulan puisi, novel, biografi hingga buku-buku nonfiksi. Para penulis buku antara lain berasal dari Maros, Barru, Makassar dan Bulukumba.

Keseluruhan buku itu diluncurkan bersamaan di sebuah cafe di pengujung Desember 2018. Salah satu buku yang diterbitkan, yakni buku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo, berjudul ‘Sang Inovator Pendidikan’.

Pada saat itu juga dilakukan pembukaan Diklat Buku Mapel se-Sulselbar 2018-2019.

Agupena di Sulsel hadir sejak 2013 dan sudah memiliki anggota yang tersebar di 12 daerah yang terbentuk Agupena. Ardy berharap jumlah anggota organisasinya ke depan bisa menjangkau semua daerah di Sulsel.

Apalagi kehadiran oraganisasi itu dirasakan manfaatnya, bukan saja oleh anggotanya, tapi juga bagi kemajuan dunia pendidikan pada umumnya.

“Tahun 2019 ini kami menitikberatkan pada penulisan buku matapelajaran,” lanjut Ardy, Guru Sosiologi di SMANKO (SMA Negeri husus Keberbakatan Olahraga ).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php