Arinda Berty's Post

PTI Part II

Posted: December 8th 2013

Pengantar Teknologi Informasi

INTERNET, INTRANETS DAN EXTRANETS

Pengertian Internet

Internet adalah Jaringan komputer terbesar di dunia (a network of networks). Saat ini, Pertukaran informasi sangat mudah menggunakan standart dan protokol yg terbuka, tidak eksklusif , dalam jaringan yg saling berhubungan.

  • Layanan yang disediakan oleh internet
  • E-mail
  • Web
  • File transfer
  • Chat
  • Message board
  • Instant messaging
  • E-mail – electronic messaging
  • Chatting – live, interactive, written conversations based on topic groups
  • Instant messaging – instant text messaging between Internet users
  • File Transfer Protocol (FTP) – electronic transfer of files from one computer to another

Layanan Internet World Wide Web

Sistem dengan standart universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via  client/server architecture. HTML merupakan standard hypertext language yg digunakan di Web

Fitur-fitur yang terdapat pada WWW

  • Home Page – menampilkan teks dan grafis; halaman pengantar sebuah website
  • Web Site – Semua halaman dari perusahaan atau individu
  • Hyperlinks – cara untuk menghubungkan atau menavigasikan semua halaman pada web site
  • Webmaster – orang yg bertanggung jawab terhadap sebuahWeb site
  • Uniform Resource Locator (URL) – mengacu ke alamat sumber tertentu di web
  • Hypertext Transport Protocol (HTTP) – standart komunikasi yg digunakan untuk mentransfer page melalui WWW di internet

Internet Expansion

–      Pertumbuhan lalu lintas internet yg luar biasa telah mempengaruhin beberapa elemen dari jaringan

  • Slower retrieval times
  • Unreliable data transmission
  • Penolakan layanan karena overloaded servers

–      Pendekatan untuk mengatasi permasalahan tsb

  • Improved hardware technology
  • Improved Web management software

Internet Privacy

  • Web sites  mengumpulkan informasih dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna

–      Cookie – file data yang ditempatkan di hard drive pengguna saat mengunjungi site pertama kali. Mengumpulkan data  pada halaman yg dikunjungi atau konten yg dilihat.

–      Tiga pendekatan potensial mengenai isu privasi

  • Pemerintah mengijinkan grup mengembangkan standart privasi; does not take any action now unless real problems arise
  • Pemerintah merekomendasikan standart privasi untuk internet; does not pass laws at this time
  • Pemerintah meloloskan hukum yg mengatur bagaimana informasi  personal bisa dikumpulkan dan digunakan di internet

–      Keamanan transaksi finansial juga menjadi perhatian

Intranet

Jaringan internal yg menggunakan teknologi internet. Jaringan private yg menggunakan aplikasi Internet dan protokol TCP/IP

–      Menyediakan akses yg mudah terhadap informasi perusahaan bagi karyawan

–      Digunakan untuk men-deploy aplikasi perusahaan

  • Examples – policies and procedures manuals; human resource forms; product catalogs

–      Keamanan menjadi perhatian utama

  • Security measures include – public key security, encryption, digital certificates, firewalls

Extranet

  • Perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers

–      Memberikan akses mudah pada  informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis

  • Security

–      Penting untuk mencegah unwanted entry ke sistem internal

–      Virtual private networks (VPNs) sering digunakan untuk menambahkan keamanan dari komunikasi internet

Pengantar Teknologi Informasi

Sistem Informasi Fungsional

Karakteristik :

  •             Terdiri dari beberapa SI Kecil yang fokus       pada tugas spesifik

–                  Aplikasi SI di wujudkan dalam :

1.         Aplikasi yang benar Indenpenden

2.         Terintergerasi membentuk suatu sistem fungsional.

 

Transaction Processing Systems

  • Karakteristik :

1.         Data yang di proses dalam volume yang besar.

2.         Sumber data sebagian Eskternal dan output sebagian besar untuk pengguna internal

3.         DLL

Pengantar Teknologi Informasi

E- Commerce

Tipe E-Commerce

  • Business to business
  • Collaborative to commerce
  • Business to consumer
  • Consumer to businesses
  • Consumer to consumer
  • Government to citizens
  • Mobile Commerce

 

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Teknologi Wireless

a.         Perangkat Wireless

cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memeiliki kemampuan mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara  nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya

b.         Wireless transmition media

Microwave transmition systems

Jarak jauh, volume tinggi dan point to point. Point to point memiliki 2 karakteristik :

a.         Line of sight

b.         Receiver

Satelite transmition

Menggunakan satellite komunikasi. Terdiri dari 3 tipe satellite dengan orbit berbeda, sbb :

Geostationary ( 22300 mil )

Medium-earth-orbit ( 6000 miles )

Low-earth-orbit ( 400 – 700 miles )

Footprint          : area permukaan bumi yang di jangkau oleh transmisi satelit

Broadcast transmission : mengijinkan satelit untuk mengirimkan sinyal ke banyak receivers sekaligus

Propagation delay        ; jeda sesaat pada transmisi dari satelit GEO yang mengganggu pembicaraan pada two-way telephone

Global Positioning Systems

GPS adalah system wireless yang menggunkan satelit yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka dimana saja di bumi.

Internet over satellite : ios mengijinkan user Internet melalui GEO satelites dari antenna yang terpasang di rumah.

Radio : Radio Tranmission menggunakan gelombang frekuensi radio untuk mengirim data langsung antara transmitters dan receivers

Bluetooth : digunakan untuk membuat PANs kecil.

Mobile computing and mobile commerce

Mobile computing mengacu pada real time koneksi wireless antara perangkat mobile dan computing enviroments.   seperti Internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utamayg membedakan dari jenis komputasi lainnya.

1 Mobility – user membawa perangkat mobile dan bisa berkomunikasi secara real time dgn sistem lain di mana pun mereka berada.

2 broad reach– user bisa di hubungi secara mudah saat mereka membawa perangkat mobile ‘terbuka’.

Mobile Commerce

M-commerce mengacu kepada transaksi e-commerce (EC) pada lingkungan nirkabel khususnya melalui internet.

Pengembangan  m-commerce di dorong oleh faktor berikut:

–          Meluasnya ketersediaan perangkat mobile

–          No need for a PC

–          “Cell phone culture”

–          Penurunan harga

–          Peningkatan Bandwidth

Mobile Commerce Applications

–          Financial Services

–          Mobile Banking

–          Wireless Electronic Payment Systems

–          Micropayments

–          Mobile (Wireless) Wallets

–          Wireless Bill Payments

Intrabusiness Applications

Mengakses informasi : Mobile Portal & Voice Portal

Location-based Applications

–          Shopping from Wireless Devices – vendor online memungkinkan konsumen untuk berbelanja melalui perangkat nirkabel.

–          Location-based Advertising : saat pemasar mengetahui lokasi terkini dan preferensi dari mobile users, mereka bisa mengirim pesan iklan tertentu melalui perangkat wireless mengenai informasi toko, mall, atau restaurant terdekat.

–          Location-based Services menyediakan informasi ke konsumen mengenai layanan dan kondisi lokal melalui cell phones

Wireless Telemedicine

Telemedicine : penggunaan telekomunikasi modern dan IT untuk menyediakan perawatan klinis bagi individu yang jauh dan untuk mengirimkan infromasi terkait dengan perawatan klinis tersebut.

Telemetry Applications

Telemetry adalah transmisi nirkabel dan penerimaan data yg didapatkan dari remote sensors.

Teknisi bisa menggunakan telemetry untuk mengidentifikasi permasalahan pemeliharaan pada peralatan;

Pervasive Computing

Pervasive Computing (Ubiquitous computing) adalah invisible “everywhere computing” yg ditanam pada objek disekitar kita – lantai, atap, mobil, mesin cuci, microwave oven, cell phones, baju, dsbnya. (e.g., smart home, peralatan cerdas)

Radio Frequency Identification

–          RFID Technology mengijinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan melacak pergerakannya melalu sinyal radio.

–          Auto-ID menciptakan jaringan yang menghubungkan komputer dengan objek,  sebuah Internet of “things”.

–          “Internet of things” akan menyediakan kemampuan untuk melacak setiap item setiap mereka dipindahkan dari pabrik à rak toko à  fasilitas daur ulang

–           The problem with RFID has been the expense (was).

Wireless Sensor Networks (WSNs)

Wireless Sensor Networks adalah jaringan yg saling terhubung, menggunakan baterei, sensor nirkabel yg disebut motes ditempatkan pada lingkungan fisik

Wireless Security

Empat ancaman utama

–          Rogue access point adalah unauthorized access point pada jaringan wireless .

–          War driving adalah tindakan mencari akses WLANs sambil mengendari kendaraan.

–          Eavesdropping mengacu pada usaha oleh unauthorized users untuk mengakases data yg sedang “berjalan” melalui jaringan wireless.

–          RF (Radio frequency) jamming adalah ketika seseorang atau sebuah perangkat secara sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel Anda.

Solusi terkait ancaman tsb:

–          Mendeteksi access points tidak sah melalui perangkat dari NetStumbler;

–          Memblok SSIDs  (service set identifier) anda;

–          mengenkripsi  transmisi wireless  menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA);

–          Mengetahui siapa yg mengunakan jaringan kita dan apa yg mereka lakukan;

–          Otomatis beralih ke saluran nirkabel yg berbeda saat terjadi gangguan.

 

Apa Tugas Manajer

v  Membuat keputusan untuk mencapai tujuan

  • Peran Informational, Peran Interpersonal
  • Mengambil keputusan: entrepreneur, mengetasi permasalahan, mengalokasikan sumber daya, negosiator

Kenapa manajer membutuhkan dukungan dari IT

v  Jumlah informasi yg tersedia sangat banyak

v  Pengelolaan informasi secara manual semakin sulit

v  Komputerisasi membantu mengelola hal yg kompleks

  • Menguji berbagai alternatif dgn cepat
  • Memberikan analisa resiko yg sistematik

Bagaimana kita mendapatkan data yg kita butuhkan?

v  Sumber Data

  • internal
  • personal
  • eksternal

v  Teknik pengumpulan data

  • Manual
  • Dengan sensor dan peralatan
  • Scanning atau electronic transfer

‘good’ data?

v  Kualitas Data

  • Kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yg diambil dari data tsb
  • Isu utama
  • Karakteristik high quality data: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten

Manajemen & penyimpanan data

Penyimpanan Data

  • Basis Data, data warehouse, data mart

Permasalahan dalam manajemen data

  • Volume data terus meningkat
  • Banyak metode dan alat mengumpulkan data
  • Data mentah terletak di banyak tempat
  • Hanya sebagian data yg dibutuhkan
  • Lebih banyak data eksternal
  • requirements yg berbeda beda terkait data
  • Kesulitan memilih data management tools
  • Keamanan, kualitas, dan integritas data

Intelegensi bisnis

v  Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis

Decision Support Systems

v  Sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat

Enterprise Decision Support

Executive Information Systems

  • Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif
    • Perlu untuk memonitor tren permasalahan
    • Membutuhkan informasi dari internal dan eksternal
    • Akses data yg cepat dibutuhkan oleh executives
    • user interface yg mudah dipahami
    • Berbasis tampilan grafik
    • Sering terkoneksi dengan layanan informasi online
    • Terintegrasi dengan email

Group Decision Support Systems

  • Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
  • Mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yg dibutuhkan

Implementasi GDSS

  • Pertemuan Face-to-face meetings – menggunakan komputer  dan aplikasi GDSS yang saling terhubung,
  • Corporate ‘war room’ – Informasi di analisa dan tampilkan secara grafis kepada semua anggoyta
  • Support for virtual teams – mendukung proses kolaborasi untuk team yg terpisah secara geografis

Apa yg bisa dilakukan dengan stored data?

v  Analytical Processing – kegiatan menganalisa data yg sudah terakumulasi

v  Online analytical processing (OLAP)

  • Dilakukan oleh end-user
  • Melibatkan kumpul data besar dengan relasi yg kompleks

Online Analytical Processing (OLAP)

v  Analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheets

v  Menganalisa relasi  dari berbagai jenis elemen bisnis

v  Melibatkan aggregated data (ringkasan dari berbagai kumpulan data)

v  Menampilkan data dari berbagai sudut pandang

v  Melibatkan perhitungan kompleks antara elemen

v  Merespon permintaan user dgn cepat

Visualisasi data

v  Hasil analisa data bisa lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Data Visualization

  • Visual Interactive Modeling – berbasis grafik
  • Visual Interactive Simulation – menggunakan simulasi/animasi
  • Geographic Information Systems – menampilkan data mengunakan peta digital

What is Knowledge Management?

v  Konsep kunci

  • Knowledge assets – terkait pasar, products, teknologi, dan organisasi yg dimiliki atau perlu dimiliki oleh bisnis
  • Best practices – koleksi dari solusi /studi kasus sukses
  • Intellectual capital – koleksi pengetahuan yg dikumpulkan perusahaan
  • Knowledge system –  mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di basis data, memelihara db, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna
  • Competitive intelligence – koleksi dari informasi kompetitif

Promoting Idea Generation

v  Sumber kunci dari pengetahuan adalah ide kreatif yg dimunculkan dari individu atau grup

v  Software tools (GDSS) bisa membantu men generate ide produktif untuk grup

v  Software tools juga tersedia bagi individu untuk membantu pemunculan ide kreatif

Etika dalam IT

v  Etika : : kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik dan yang tidak

v  Code Etik– prinsip yg menuntun anggota dari organisasi

v  Tipe Etika

  • Privasi –  apa yg dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain
  • Accuracy – Apa yg dilakukan untuk menjamin keotentikan dan akurasi data
  • Property – Siapa yg memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya
  • Accessibility – siapa yg bisa mengakses informasi

Privasi

v  Privasi informasi – hak untuk menentukan apakah informasi pribadi bisa dibagikan ke orang lain

v  Electronic surveillance – Penggunaan komputer oleh user bisa di monitor tanpa diketahuin baik dikantor atau dirumah

v  Penyimpanan informasi pribadi di db:

  • Apa yg disimpan?  Bagaimana memastikan keakurasiannya?  Siapa yg akan memperoleh informasi tersebut?  Bagaimana informasi tsb akan digunakan?

Hak kekayaan intelektual

v  Properti intangible yg diciptakan seseorang/perusahaan, dilindungi oleh hukum

  • Trade secret – intellectual work – tidak public  (coca cola, kfc)
  • Patent –hak eksklusif untuk penemuan (inovasi teknologi) yang diberikan kepada penemu selama 20 tahun
  • Copyright /hak cipta– Pecipta dari kekayaan intelektual diberikan hak kepemilikan seumur hidup + 50 tahun terkait dengan penggunaanya.  Software secara umum memiliki copyrighted.

IT and Organizations

v  IT memiliki potensi untuk mengubah sebuah organisasi.

  • Perubahan Structures organisasi
  • Bekerja jarak jauh (remote)

IT and Jobs

v  Beberapa pekerjaan akan tereliminasi, khususnya perantara (e.g., travel agents)

v  Banyak diskripsi pekerjaan yg harus didefinisikan ulang

v  Kemampuan IT menjadi persyaratan

IT and Individuals

v  Dehumanisasi, kehilangan kontak sosial

v  Peningkatan beban kerja dan permintaan akan kemampuan komputer

v  Penggunaan komputer berlebihan tidak baik untuk kesehatan

IT and Society

v  Beberapa berpendapat IT meningkatkan kualitas hidup

  • Membantu penyandang cacat
  • Meningkatkan health care system
  • Meningkatkan informasi konsumen
  • Robots berperan pada situasi berbahaya
  • Menekan angka kejahatan

v  Fokus pada kesenjangan antara masyarakat yg menggunakan IT dan tidak

v  Komunitas Internet menyediakan kontak sosial untuk orang dengan ketertarikan yg sama

v  Telecommuting menambah fleksibiltais bagi karyawan dan perusahaan

Security Concerns

v  Sistem informasi menjadi subjek dari banyak ancaman

  • Ancaman tidak disengaja
    • Human error – in design or use of system
    • Environmental hazards – acts of God and other
    • Computer system failures – faulty products
    • Ancaman disengaja
      • Sistem menjadi subjek dari serangan kriminal

Kejahatan Komputer

v  Computer sering menjadi target dari aktivitas kriminal

v  Metode serangan:

  • Gangguan terhadap data
  • Program yg menipu
    • Viruses
    • denial-of-service attack (DoS attack)  banyak menyerang  e-commerce web sites

Protecting IT

v  Strategi proteksi umum:

  • Menambah keamanan fisik pada fasilitas dan sumber daya
  • Mengontrol akses ke sistem
  • Melindungi data dari akses tidak sah

v  Application control strategies:

  • Memastikan kualitas input
  • Verifikasi kualitas processing
  • Memastikan kualitas dan aksesbilitas dari output

Network control strategies:

  • Mengontrol akses ke network resources
  • melindungi data di jaringan dengan encryption
  • Memonitor dan mendeteksi penyusup
  • Protect with firewalls

Verifying quality through audits

  • Melakukan evaluasi secara reguler records dan procedures
  • Bisa dilakukan oleh internal atau eksternal auditor

v  Pencegahan bencana dan Recovery Plans

  • Organisasi harus memikirkan bagaimana penanganan terhadap bencana
  • Key people harus mengetahui tindakan yg harus diambil bila terjadi bencana
  • Disaster plans harus diuji melalui pelatihan
  • Prosedure back-up adalah komponen utama
  • Disiplin menjadi kunci utama dalam implementasi protection plans (how often do you back up your hard drive?)

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php