annajuliecp

Small Actions Can Change The World

Posted: December 12th 2019

Orangutan adalah spesies kera besar, merupakan anggota primata yang paling mirip dengan manusia. Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang berasal dari Asia, khususnya Asia Tenggara. Terdapat dua spesies orangutan yang ada di Indonesia, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Sumatera (Pongo abelii). Kedua orangutan ini hidup di hutan hujan tropis dataran rendah, rawa, dan hutan pegunungan. Berdasarkan penelitian, Orangutan Sumatera lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dibandingkan dengan Orangutan Kalimantan yang lebih beragam jenis makanannya, yaitu buah-buahan, daun, hingga serangga. Hal ini dikarenakan musim buah di Sumatera lebih panjang sehingga ketersediaan buah-buahan lebih melimpah.

Sumber: kompasiana.com

Banyaknya predator orangutan di Sumatera seperti Harimau Sumatera, dibandingkan dengan di Kalimantan, mempengaruhi perilaku kera besar ini. Orangutan Sumatera lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya, hal ini juga dikarenakan tubuh mereka yang lebih kecil sehingga mampu hidup di atas pohon. Berbeda dengan Orangutan Sumatera, Orangutan Kalimantan lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya di permukaan tanah. Menurut WWF (World Wildlife Fund for Nature), pada tahun 2004, para ahli orangutan memperkirakan total populasi Orangutan Kalimantan di Pulau Borneo adalah kurang lebih 54 ribu individu. Berdasarkan jumlah populasi ini, Orangutan Kalimantan berada dalam status Endangered/EN atau terancam punah menurut IUCN (lembaga konservasi dunia).

Melihat hal ini, manusia sebagai konservasionis harus mampu menanggulangi masalah-masalah terkait dengan kepunahan spesies tersebut. Dengan langkah kecil yang kita ambil untuk menyelamatkan spesies ini, dapat memberikan perubahan besar pada spesies orangutan yang sudah terancam punah. Langkah yang dapat kita ambil untuk menyelamatkan spesies orangutan ini berawal dari tidak membuang sampah sembarangan ketika berada di hutan yang merupakan habitat orangutan, tidak menebang hutan sembarangan atau secara eksploitasi, dan juga tidak membakar hutan. Sebagian besar kepunahan satwa hutan seperti orangutan disebabkan oleh kebakaran hutan yang mengakibatkan habitat loss. Flora dan fauna yang kita miliki di Indonesia merupakan salah satu keanekaragaman yang kita miliki dan mendukung keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, mari lestarikan flora dan fauna Indonesia demi terciptanya keseimbangan ekosistem. Small actions can change the world.


2 responses to “Small Actions Can Change The World”

  1. Margareta Fetri says:

    Sangattt menginspirasi sekali.

  2. Mariapietasari says:

    Terimakasih atas infonya. Semoga aksi kecil kita dapat menyelamatkan orang utan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php