Hwaiting Blog

IT di dalam Lingkungan Bisnis

Posted: September 18th 2012

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Konsep mendasar/ fundamental

  • Infrastruktur dari Informasi
    *fasilitas, layanan dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah

perusahaan

  1. Perangkat keras komputer
  2. Perangkat lunak komputer
  3. Fasilitas komunikasi dan jaringan
  4. Basis data
  5. 5.       Information management personal

                                                                 

Information

Infrastructure :

# mendefenisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan dari sumber daya       komputasi

#mendefenisikan bagaimana sumber daya komputasi diatur, dioperasikan dan dikelola

Information

Architecture :

#High Level Plan yang menjabarkan

–          kebutuhan (requirement) informasi perusahaan

–          bagaimana kebutuhan bisa terpenuhi

#memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak

#membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan

 

Jenis dari SI : gambaran umum

Transaction Processing System

^ mengotomatisasikan transaksi bisnis harian

^ mengumpulkan, menyimpan, memproses dan menyebarkan data transaksi bisnis

^ menyediakan data dasar bagi sistem lainnya

^ cukup komplek, rumit

^ sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini

Management Information System

^ mengambil keputusan yang diambil secara rutin

^ mengakses, menata, merangkum dan menampilkan informasi

^ menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan diantisipasi

^ menjawab permintaan dan perkiraan tren

Office Automation

  • semacam sistem pengolah data dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/administrasi

Decision Support System (Sistem Pendukung Keputusan)

^ bersifat komplek, non-routine dan menajerial

^ Executive Information System– mendukung pekerjaan dan Higher-Level Managers

^ Group Support System– mendukung pekerjaan orang-orang yang bekerja dalam kelompok

Intelligent Support System (ISSs)

  • termasuk di dalamnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-expert) dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu

End-User Computing

  • penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pengguna utama dari sebuah sistem seperti analis, manager atau profesional lainnya

Knowledge Management System

  • mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan dan menyebarkan pengetahuan perusahaan

Data Warehousing (Gudang Data)

  • basis data yang dirancang untuk mendukung DES, ESS, dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data

Mobile Computing

  • mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless

 

Bagaimana Sistem Informasi Mendukung Perusahaan

PERTAMA bagaimana organisasi distrukturkan

–          berdasarkan fungsionalitas dari departemen

–          sering dalam bentuk hirarki

–          mungkin berdasarkan projek/ dalam bentuk struktur

KEDUA klasifikasi SI yang paling umum

–          Classification by breath of Support

–          Classification by Organization Level

SI di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi distrukturkan

SI terdiri dari berbagai macam aplikasi

SI juga bersifat inteorganization

–          menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan

Dukungan SI yang dibutuhkan peran dari pengguna di dalam perusahaan

–          Top manager membuat keputusan strategis

–          Middle manager membuat keputusan taktis

 

Peran dari Departemen SI

+ Pergeseran orientasi dari sisi teknis ke sisi menajerial

+ Meningkatkan fokus pada penambahan nilai strategis perusahaan

+ Karena SI ditantang untuk meningkatkan nilai strategis, maka manajemen dari SI menjadi lebih  kompleks

 

 

Summary

v Information Architecture

  • Ø detil dari kebutuhan informasi dan bagaimana memenuhinya

v Information Infrastructure

  • Ø terdiri dari semua fasilitas, layanan dan manajemen yang mendukung semua computing resource

v SI diklasifikasikan berdasarkan speknya (TPS, MIS, Support, Intelligent)

v SI dirancang untuk mendukung dari perusahaan organization


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php