Blog Anis

Empat Cara Bikin Usaha Kecil-kecilan ala Muamalatku

Posted: December 7th 2018

ESebagian dari kita masih merasa kesulitan saat hendak memulai usaha. Jenis usaha dan modal menjadi kendala utama, untuk cara bikin usaha kecil-kecilan dapat membantu Anda saat memulainya.

Kita sering menjumpai berbagai macam usaha kecil di sekitar tempat tinggal. Banyaknya usaha kecil-kecilan membuat sebagian orang termotivasi untuk membuat usaha kecil minim modal. Karena modal masih menjadi faktor kendala utama yang dirasakan oleh sebagian pemula, selain itu jenis usaha apa yang akan dilakukan pun juga masih belum muncul di benak calon pengusaha. Untuk itu, artikel cara bikin usaha kecil-kecilan akan membantu Anda dalam mewujudkan usaha Anda.

Empat Cara Bikin Usaha Kecil-Kecilan Dari Muamalatku

Tak perlu pusing-pusing memikirkan usaha apa yang akan dijalani, banyak sekali jalan yang dapat anda pilih untuk mewujudkannya. Anda tinggal memilih jasa atau produk mana yang dibutuhkan masyarakat, bukan sekedar keinginan saja. Selain itu, pemilihan tempat merupakan faktor yang utama agar masyrakat tertarik untuk mendatangi tempat usaha Anda.

Berikut cara bikin usaha kecil-kecilan dari muamalatku.com dibawah ini.:

Usaha Rumahan

Usaha rumahan merupakan salah satu cara yang dapat Anda wujudkan untuk memulainya. Sebelum memulai usaha rumahan, perhatikan jenis usaha yang hendak dijalani serta lingkungan masyarakat di sekitar. Seperti contoh jualan sayur di rumah, hal ini sebagai bentuk peluang usaha baru Anda apabila ditempat tinggal tersebut tidak ada pedagang sayur keliling. Serta jenis sayuran yang hendak dibeli biasanya tidak banyak.

Reseller

Cara bikin usaha kecil-kecilan salah satunya mejadi reseller. Untuk menjadi reseller Anda tak perlu modal sama sekali, cukup siapakan tempat untuk menaruh stok dagangan. Biasanya pemasaran produk reseller melalui jejaring sosial seperti Facebook, Instagram atau bahkan grup WA. Bisa juga membuka lapak di situs belanja online. Usaha reseller ini sangat cocok bagi mahasiswa atau ibu rumah tangga, karena tidak menguras banyak waktu.

Jasa

Jenis usaha ini hanya perlu menawarkan jasa keahlian pada orang lain. Untuk menawarkannya, hanya perlu bermodalkan pamflet iklan yang disebarkan melalui media sosial. Pilihan lainnya dengan cara mendaftarkan diri Anda dalam situs freelance dengan melampirkan potoforlio sebagai bukti bahwa Anda benar-benar mempunyai keahlian pada bidang tersebut. Ataupun jual beli pulsa juga termasuk dalam usaha ini, khusus pulsa elektronik dengan target pasar utama seperti mahasiswa atau tetangga sekitar.

Franchise

Jenis usaha yang satu sangat cocok bagi yang memiliki modal namun bingung untuk memulai jenis usaha. Franchise dapat menjadi pilihan Anda. Untuk memulai usaha franchise, siapkan modal untuk membayar merek dangan usaha, tim analis, serta peralatan untuk menjalankan usaha Anda. Keuntungan usaha franchise ini, Anda tak perlu repot-repot mencari tempat usaha yang cocok karena sudah ditangani oleh tim dari pemilik franchise.

Modal menjadi momok yang menakutkan saat hendak memulai usaha. Hal ini sangat wajar khususnya diawal-awal memulai usaha, karena pastinya Anda sudah memikirkan keuntungan yang besar. Sebenarnya hal tersebut tak ditakutkan, karena banyak sekali cara bikin usaha kecil-kecilan yang tak membutuhkan modal besar bahkan tidak sama sekali.


Leave a Reply

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php