Blog Anis

Cara Berbisnis untuk Pemula Hingga Sukses Besar

Posted: August 21st 2018

Cara Berbisnis untuk Pemula Hingga Sukses Besar

Awal tahun 2016 lalu adalah mulai MEA masuk ke Indonesia. Hal ini membuat persaingan bisnis di Indonesia semakin ketat. Kita harus lebih kreatif dan inovatif untuk bisa bersaing dengan semua pebisnis di seluruh asia tenggara. Saat ini persaingan bisnis memang sangat ketat sekali. Apalagi peluang kerja juga semakin tipis. Jadi banyak orang yang memilih untuk membuka bisnis daripada mencari pekerjaan. Semua orang berlomba-lomba mencari cara berbisnis yang menguntungkan.

Tips dan Cara Berbisnis untuk Pemula Agar Sukses

Cara Berbisnis untuk Pemula Hingga Sukses Besar

Supaya bisnis anda bisa berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan, anda harus memperhatikan beberapa tips yang saya berikan berikut ini. Inilah cara berbisnis untuk pemula yang harus anda ketahui.

  1. Fokus

Ketika ingin memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus anda lakukan adalah fokus. Fokus merupakan cara berbisnis untuk pemula yang sangat penting, jika ingin sukses. Saat ini ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa anda pilih. Semakin berkembangnya teknologi, membuat peluang bisnis juga semakin tinggi.

Hal ini membuat semua orang ingin mencoba semua peluang bisnis tersebut. Jika anda mencoba semua peluang bisnis tersebut membuat bisnis anda tidak ada yang berjalan dengan baik. Lebih baik pilih salah satu peluang yang paling anda kuasai. Kemudian fokus untuk mengembangkanya. Jika bisnis tersebut sudah besar atau autopilot, anda bisa mencoba peluang bisnis lainnya.

  1. Pilih Bisnis Yang Anda Sukai Dan Dikuasai

Cara berbisnis untuk pemula selanjutnya adalah dengan memilih bisnis yang paling anda sukai dan yang paling anda kuasai. Jika menjalankan bisnis yang kita sukai atau sesuai hobi kita, kita akan lebih senang dalam menjalankannya dan tidak merasa terbebani. Anda lebih senang untuk membuat bisnis anda semakin besar.

Jangan hanya memilih bisnis karena bisnis tersebut menguntungkan. Jika bisnis tersebut menguntungkan tetapi anda tidak senang dalam menjalankannya, malah membuat bisnis menjadi rugi. Selain itu anda harus memilih bisnis yang benar-benar anda kuasai. Pada awal membuka bisnis anda pasti membutuhkan investor untuk membantu modal anda. Jika anda memilih bisnis yang anda kuasai, anda bisa lebih mudah meyakinkan investor tersebut.

  1. Managemen Keuangan yang Baik

Ketika menjalankan sebuah bisnis, managemen keuangan sangatlah penting. Jika anda tidak bisa menjalankan managemen keuangan dengan baik, bisnis anda tidak akan berjalan dengan baik. Cara berbisnis untuk pemula inilah yang sering dilupakan oleh para pebisnis. Mereka menganggap sepele masalah managemen keuangan.

Anda harus selalu memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis. Banyak pebisnis yang mencampurkan uang pribadi dan uang bisnis, sehingga mengalami kerugian pada akhirnya. Selain itu setiap pengeluaran harus selalu anda tulis. Entah pembelian barang, hutang dan juga pemasukan setiap harinya. Jadi anda tahu berapa keuntungan yang didapatkan setiap bulannya.

  1. Belajar Dari Kegagalan

Cara berbisnis untuk pemula yang harus anda lakukan selanjutnya adalah selalu belajar dari kegagalan. Pada saat pertama kali menjalankan sebuah bisnis, kita tidak dapat terlepas dari yang namanya kegagalan. Pasti ada hal-hal yang membuat gagal. Ketika hal itu terjadi banyak pebinis yang pesimis dan langsung mengganti bisnis mereka.

Padahal itu bisa menjadi pembelajaran yang sangat penting. Analisis terlebih dahulu kenapa hal itu bisa membuat gagal. Cari penyebabnya kemudian cari solusinya. Supaya kedepannya tidak melakukan kesalahan yang serupa.

Sebenarnya masih banyak sekali cara berbisnis untuk pemula. Seperti memilih supplier, nama produk, pemasaran, promosi dan masih banyak lainnya. Tetapi keempat tips diatas merupakan tips yang paling penting dan harus anda perhatikan pertama kali, jika ingin membuka sebuah bisnis. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi bermanfaat buat anda yang ingin memulai sebuah bisnis. Terimakasih. sumber referensi : www.bisnisrumahan.web.id


Leave a Reply

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php