Blog Anis

Cara Berbelanja di Alibaba Indonesia Menggunakan Rupiah

Posted: April 17th 2020

Alibaba Indonesia kini hadir di tengah – tengah kita. Walau begitu, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham bagaimana cara berbelanja di Alibaba Indonesia. Apakah berbelanja di Alibaba Indonesia masih harus menggunakan dolar atau bisa menggunakan rupiah.

Cara Berbelanja di Alibaba


Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena disini kami akan berikan jawabannya untuk Anda. Cara berbelanja di Alibaba Indonesia tidak harus menggunakan mata uang asing. Menggunakan uang rupiah bisa juga dilakukan. Seperti apa caranya akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Lets check these out!


Cara Berbelanja di Alibaba Indonesia


Buat akun Alibaba
Dalam cara berbelanja di Alibaba, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah membuat akun Alibaba lebih dulu. Kunjungi situs resminya. Anda dapat mengaksesnya di smartphone atau PC. Kemudian login dengan akun yang Anda sudah buat tadi. Pastikan akun yang Anda buat memiliki password yang mudah Anda ingat.


Carilah barang yang Anda inginkan
Jangan terburu – buru ketika Anda menemukan barang yang dicari. Baiknya bandingkan dulu barang yang dijual oleh satu penjual dengan penjual yang lain. Bandingkan harganya, detail barangnya, ulasan atau reviewnya dari konsumen lain tentang barang yang dilihat.
Kemudian, pastikan Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau Mandarin karena kedua bahasa tersebut yang banyak digunakan penjual di e-commerce internasional. Paling tidak, gunakan kamus atau aplikasi penerjemah ketika akan membeli barang di Alibaba. Jika tidak, Anda akan mengalami kesulitan dalam memahami deskripsi atas barang yang akan dibeli.


Hindari penjual yang tidak memiliki email bisnis
Pastikan untuk Anda menghindari penjual yang menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan perusahaan atau website bisnisnya. Karena kemungkinan besar jika penjual menggunakan alamat email lain, penjual tersebut adalah penjual tidak bermutu atau bahkan penjual abal – abal yang harus dicurigai. Minimalisir transaksi dengan model penjual seperti itu.


Pilih metode pengiriman barang yang tepat
Selanjutnya, pilih metode pengiriman yang Anda inginkan. Hal ini harus diperhatikan karena sangat penting demi menjamin keamanan barang yang Anda beli. Karena sampai sekarang ada saja jasa forwarder atau jasa pengiriman barang yang tidak cukup baik dalam melakukan tugasnya mengirim barang.


Bagi Anda yang membeli barang kecil di Alibaba dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, sangat dianjurkan agar Anda memilih jasa pengiriman cepat seperti DHL, Fedex atau EMS. Akan tetapi jika Anda membeli barang berukuran besar dalam jumlah banyak, baiknya metode pengiriman forwarding Anda gunakan.


Kalau semua prosedur diatas sudah Anda lakukan, terakhir pilih metode pembayaran yang tepat. Ada beberapa metode pembayaran yang Anda bisa lakukan, namun untuk melakukan pembayaran menggunakan mata uang rupiah, Anda bisa memanfaatkan western union sebagai cara pembayarannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Leave a Reply

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php