Angelita Blog

Berikut Ini Spesifikasi Masker N95

Posted: October 23rd 2020

Cepatnya penularan virus dari satu orang ke orang lain mengancam kesehatan masyarakat di dunia. Untuk menjaga diri, masyarakat berbondong-bondong mencari stok di toko yang jual masker N95. Masker ini dipercaya mampu mencegah masuknya virus ke dalam sistem pernapasan manusia.

Masker N95 (Standar Amerika) dan FFP2 (Standard Eropa) memang lebih tebal dibandingkan beberapa jenis masker lainnya. Namun, benarkah masker ini mampu mencegah penularan virus? Simak spesifikasi dan kegunaan masker N95 dan FFP2 berikut ini.

1.        Mampu Menyaring 95% Partikel

Sesuai namanya, salah satu spesifikasi penting dari masker N95 adalah kemampuannya menyaring 95% partikel polutan. Yang bisa tersaring oleh masker ini adalah jamur, virus, alergen, bakteri, atau partikel polutan lain berdiameter 0,3 mikron atau yang lebih besar daripada itu.

Dengan spesifikasi masker antivirus tersebut, maka tak heran bila masker n95 harga normalnya relatif lebih tinggi dari sebagian besar jenis masker lainnya. Harga masker tentunya sangat tergantung pada bahan-bahan yang menyusunnya.

2.        Dapat Mencegah Penyebaran Virus Flu

Spesifikasi penting lain dari masker n95 adalah kemampuannya mencegah virus flu. Virus flu yang dapat dicegah penetrasinya adalah flu burung, flu babi, influenza, corona, dan sebagainya. Oleh karena itu, masker N95 banyak dicari saat virus-virus tersebut sedang menjadi pandemi.

3.        Tidak Tahan Minyak

Huruf N pada nama masker N95 mengindikasikan bahwa masker ini tidak tahan minyak (non-resistant to oil). Masker ini efektif untuk menyaring cairan yang tidak berbahan dasar minyak, misalnya parfum, deodoran, obat anti serangga semprot, dan sebagainya.

Karena sifat ini pula, sebaiknya masker ini tidak digunakan pada lingkungan yang berminyak. Bila perlu bekerja di tempat yang berminyak, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan masker R95 yang anti minyak.

4.        Struktur Masker N95

Untuk memastikan kemampuan masker ini menyaring partikel dengan baik, maka APD ini dibuat dari beberapa lapis filter. Pabrik masker N95 juga harus memastikan adanya katup pada masker sebagai sarana masuk dan keluarnya udara. Selain itu, ada lapisan tambahan berupa karbon aktif.

Struktur ini akan sama pada semua masker N95 yang standar, karena kualitas dan pengaturan terkait pembuatan masker tersebut diatur secara resmi. Organisasi yang mengaturnya adalah NIOSH, CDC, dan OSHA.

5.        Nyaman Digunakan

Bagi Anda yang belum pernah beli masker N95 dan menggunakannya untuk beraktivitas, mungkin mengira masker ini tebal dan tak nyaman dipakai. Padahal tidak demikian. Faktanya, dengan adanya katup udara, masker ini tidak lembab dan udara tidak akan terperangkap di dalamnya.

Masker N95 dibuat dengan teknologi elektrostatik. Bahannya juga menggunakan serat mikro. Kombinasi  ini penting untuk memastikan sirkulasi udara di dalam masker saat digunakan cukup baik, sehingga nyaman dipakai.

Semua spesifikasi dari masker N95 tersebut bisa dirasakan manfaatnya apabila Anda menggunakannya dengan benar. Untuk itu, pastikan tali masker dipasang secara pas (tidak longgar), dan menutupi dengan baik seluruh bagian mulut dan hidung.

Kalau Anda ingin menyiapkan stok masker N95 di rumah, maka pastikan membeli merk yang terbaik, misalnya masker uvex. Masker uvex diproduksi sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan. Inilah masker yang dapat membantu melindungi Anda saat harus bekerja dengan APD.

Menggunakan masker N95 yang standar dapat melindungi pernapasan Anda dari virus maupun berbagai partikel padat lainnya. Jadi, jika Anda sudah menemukan toko yang jual masker N95, tanyakan apakah mereka memiliki merek uvex. Semoga kesehatan Anda selalu terjaga.

1. Apa arti N95 pada nama Masker N95?

– N95 artinya Non-resistant to oil yang berarti masker ini tidak tahan minyak. Masker ini efektif untuk menyaring cairan yang tidak berbahan dasar minyak.

– N95 artinya masker ini mampu menyaring 95% partikel polutan.

2. Seperti apa struktur masker N95?

Masker N95 terbuat dari beberapa lapis filter dan adanya katup pada masker sebagai sarana masuk dan keluarnya udara. Selain itu, ada lapisan tambahan berupa karbon aktif.

3. Apa yang membuat masker N95 nyaman dipakai?

Adanya katup udara sebagai jalur masuk dan keluar udara membuat masker ini tidak lembap dan udara tidak terperangkap di dalamnya. Selain itu, masker ini menggunakan bahan serat mikro, dengan teknologi elektrostatik untuk memastikan sirkulasi udara di dalam masker saat digunakan cukup baik.

UVEX SAFETY SINGAPORE PTE. LTD.

Representative Office Indonesia

Jakarta Menara Standard Chartered 30th Floor Menara Standard Chartered Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 164 Jakarta 12930

T +62 21 2555 5637
F +62 21 2555 5601
E sales@uvex-safety.com.sg

Find our dealers:  https://www.uvex-safety.co.id/id/beli/asisten-pembelian/pencari-dealer/


Leave a Reply

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php