Pengertian Undangan : Jenis, Fungsi dan Contohnya

Undangan ialah pernyataan mengenai sebuah acara yang berisi info tempat, waktu dan arah pelaksanaannya. Diharap tiap orang yang menerimanya dapat datang ke acara itu.

Apabila dahulu undangan hanya memakai media kertas atau biasa di sebut blangko undangan kosong, sehingga undangan sama dengan surat undangan. Tetapi saat ini media digital memakai media digital yang di sebutkan dengan undangan digital.

Di kehidupan sehari-hari, Anda tentu seringkali menerima surat undangan. Ada beberapa contoh, seperti undangan wali siswa, rapat RT, pernikahan, reuni, acara pesta ulang tahun dan lain-lain. Seiring perubahan jaman, surat undangan digital banyak mulai digunakan oleh warga.

Ingin tahu info lengkap mengenai undangan? Silahkan dibaca pembahasan di bawah.

Macam-Macam Surat Undangan.

Undangan ada 3 jenis, yaitu undangan resmi, tidak resmi dan undangan setengah resmi. Tiap tipe undangan mempunyai peranan dan ciri-ciri yang lain.

1. Undangan Resmi

Surat undangan resmi ialah surat yang memakai bahasa resmi oleh satu instansi untuk lembaga lain dan perseorangan. Penulisan surat undangan resmi memakai bahasa baku dan merujuk pada EYD.

Contoh surat undangan resmi diantaranya surat OSIS, surat kegiatan perusahaan, surat pramuka, surat kegiatan kampus, surat rapat wali siswa dan sebagainya.

2. Undangan Tidak Resmi

Pada umumnya undangan tidak resmi ialah surat yang ditulis dengan tata bahasa lebih rileks oleh pribadi untuk pribadi lain. Undangan tidak resmi mempunyai tujuan untuk mengundang orang mendatangi sebuah acara pribadi. Seperti sukuran, pesta pernikahan, acara pesta ulang tahun, pengajian dan sebagainya.

Walau tata bahasanya lebih rileks, tidak berarti Anda dapat menulis secara bebas, namun tetap harus sopan.

3. Undangan Setengah Resmi

Undangan setengah resmi ialah jenis surat yang umum dipakai untuk pernyataan syukuran, perkumpulan keluarga, arisan dan semacamnya.

Fungsi Surat Undangan

Surat undangan bekerja untuk mengundang atau mengundang orang yang berkaitan mendatangi sebuah acara. Disamping itu, fungsi surat undangan memacu detail acara, baik waktu dan tempat realisasinya.

Undangan sebagai simbol pada pihak yang terima surat. Saat tiba ke acara, ini berguna untuk menjalin bersilahturahmi.

Bentuk Surat Undangan

Berikut ini beberapa bentuk surat undangan :

1. Surat Undangan

Dari dulu, surat undangan memakai selembar kertas atau berupa kartu. Pada undangan tidak sah, umumnya memakai desain yang memikat.

2. Undangan Digital

Ini ialah wujud surat undangan yang trend tahun-tahun ini. Undangan digital dapat berbentuk gambar dan video, selanjutnya dikirimkan lewat sosial media, e-mail dan lain-lain.

Pengertian undangan digital ialah undangan yang dibuat berbentuk digital, baik berbentuk gambar, video atau berbentuk undangan online yang fisik tidak bisa disentuh seperti undangan konvensional yang memakai media kertas, kayu, dan sebagainya.

keberadaan surat undangan digital mempunyai tujuan untuk memudahkan komunikasi jarak jauh.

Contoh Undangan

Berikut ini beberapa contoh undangan yang perlu kamu baca :

1. Undangan pernikahan

Jenis undangan untuk mengundang orang mendatangi acara pesta pernikahan. Selain memakai surat undangan cetak, saat ini mulai trend memakai undangan pernikahan digital.

2. Undangan rapat

Biasanya resmi yang membuat undangan jenis ini masih memakai media kertas. Jikapun memakai media online, umumnya sekedar hanya mengirim photo atau scan undangan., nanti akan dikirim surat undangan resminya.

3. Seminar Undangan

Undangan seminar biasanya dibuat oleh sebuah lembaga atau instansi resmi untuk mengundang peserta seminar. Tetapi saat ini cukup banyak perorangan yang melangsungkan seminar.

4. Undangan ulang tahun

Undangan ulang tahun sebagai jenis undangan tidak resmi yang banyak dijumpai di kehidupan setiap hari. Untuk yang mempunyai anak kecil, tentu kerap terima dan mengirim undangan ulang tahun.

5. Undangan aqiqah

Undangan untuk penyelenggaraan syukuran kelahiran anak. Desain latar belakang yang memikat kerap ditambahkan pada undangan yang satu ini.

Penutup

Demikian artikel mengenai Pengertian Undangan : Jenis, Fungsi dan Contohnya. Kunjungi juga situs tentang informasi seputar undangan di https://www.blangkoundangan.com/. Mohon maaf jika ada salah penyampaian, sekian terima kasih.

Leave a Reply