Mengenal Jasa Rekber, Manfaat dan Cara Kerjanya

Mengenal Jasa Rekber, Manfaat dan Cara Kerjanya – Perkembangan teknologi membawa perubahan besar terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya pada tren belanja kebutuhan yang sekarang sudah beralih ke sistem online. Meskipun belanja langsung atau tempat belanja konvensional tidak benar-benar ditinggalkan, tren belanja online sudah lebih mendominasi. Hampir semua jenis barang atau kebutuhan bisa didapatkan dengan sistem belanja online.

Tata cara belanja online tentu tidak sama dengan belanja langsung. Terutama soal pembayaran yang tidak lagi bisa menganut aturan “ada uang, ada barang”. Pasalnya belanja online harus didahului dengan pembayaran lunas, sebelum akhirnya barang dikirim ke pembeli melalui ekspedisi. Cara pembayaran pada sistem belanja online umumnya menggunakan metode transfer antar rekening bank.

Membeli barang secara online dengan metode pembayaran transfer bank adalah cara praktis belanja. Cara ini selalu diandalkan para generasi muda yang suka hal-hal mudah dan cepat. Sayangnya ada peluang kecurangan dalam sistem belanja online yang merugikan pembeli yaitu oknum penjual penipu. Hingga muncullah jasa rekber atau rekening bersama yang bisa dijadikan solusi terbaik untuk mencegah kerugian dari belanja online.

Pengertian Jasa Rekening Bersama

Data cybercrime mencatat adanya kerugian milyaran rupiah setiap bulannya akibat penipuan transaksi online. Banyak jenis modus yang digunakan para penipu berkedok penjual online. Sementara minimnya pengetahuan masyarakat dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk mendulang keuntungan pribadi. Hingga sekarang kasus penipuan transaksi online belum benar-benar bisa diberantas.

Kehadiran jasa rekber atau rekening bersama memiliki peran penting bagi masyarakat yang ingin tetap aman saat bertransaksi online. Seperti istilahnya, jasa ini merupakan jasa rekening yang digunakan bersama oleh kedua pihak, pembeli dan penjual. Dengan kata lain, rekening bersama merupakan pihak ketiga yang akan memastikan keamanan dana bagi penjual dan memastikan barang dikirim sesuai pesanan pembeli.

Di luar negeri, jasa rekening bersama lebih dikenal dengan istilah ES atau escrow service. Di Indonesia, ES atau escrow service juga digunakan sebagai istilah resmi, tetapi pada perkembangannya didominasi oleh istilah rekening bersama. Selain lebih mudah dalam penyebutannya, istilah rekening bersama juga disesuaikan dengan tren masa kini. Istilah rekening bersama ini juga selalu berkaitan dengan tren jual beli online di Indonesia.

Jasa rekber umumnya dibentuk dan dioperasikan secara perorangan atau kelompok. Untuk mengawali jasa ini juga bukan suatu hal yang rumit karena cukup menyiapkan beberapa rekening bank yang umum digunakan. Akan tetapi karena jasa ini merupakan pihak ketiga yang memegang tanggungjawab besar, maka dalam perkembangannya harus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Manfaat Jasa Rekening Bersama

Keberadaan jasa rekening bersama telah berhasil membawa banyak manfaat untuk kedua belah pihak yang terlibat transaksi online. Bagi penjual, penggunaan rekening bersama bisa menjadi salah satu faktor yang membangun reputasinya di mata pembeli. Tentu pembeli akan lebih percaya pada penjual online yang menggunakan jasa rekening bersama, terlebih jika itu adalah transaksi online yang dilakukan pertama kalinya.

Dengan kepercayaan yang telah diperoleh dari pembeli, penjual kembali diuntungkan oleh jasa rekber dalam hal pengembangan bisnis. Semakin banyak pembeli yang percaya, maka semakin tinggi pula peluang datangnya pembeli lain. Area pemasaran produk dari penjual online tersebut juga bisa diperluas sebab terbukti bisa menjadi penjual yang terpercaya. Dampaknya tak lain pada keuntungan penjual yang akan bertambah besar.

Tidak hanya bagi penjual, jasa rekening bersama juga memberi manfaat untuk pembeli online. Manfaat pertama sudah jelas yaitu menghindarkan pembeli dari penipuan. Uang pembeli akan tertahan di rekening bersama sampai pembeli menerima barang yang dipesannya. Artinya jika penjual tidak mengirimkan pesanan pembeli, uang tersebut tidak akan sampai ke penjual dan akan dikembalikan kepada pembeli.

Satu manfaat yang dijadikan fokus pada jasa rekber adalah keamanan kedua pihak yang terlibat dalam transaksi online. Sebab keduanya tidak bisa bertemu langsung sebagaimana pada penjualan konvensional untuk menyelesaikan transaksi. Dalam sistem online itu terdapat banyak kemungkinan kecurangan yang bisa dilakukan, tetapi itu bisa diminimalisir oleh jasa rekening bersama.

Cara Kerja Rekening Bersama

Setiap jasa rekening bersama bisa saja menerapkan aturan yang berbeda bagi penggunanya, tetapi untuk cara kerjanya secara umum akan selalu sama. Karena merupakan pihak ketiga, jasa rekening bersama umumnya tidak pernah terlibat dalam negosiasi yang dilakukan penjual dan pembeli, seperti tawar menawar harga atau penawaran lainnya. Jadi jasa ini hanya akan digunakan setelah kedua belah pihak mencapai kesepakatan.

Misalnya, seseorang ingin membeli sebuah smartphone baru yang ditawarkan oleh penjual melalui platform online seperti media sosial. Keduanya lalu bernegosiasi mengenai harga dan mencapai persetujuan. Pembeli menanyakan apakah penjual menggunakan rekening bersama. Jika menggunakan, maka penjual akan menginformasikan nomor rekening dari jasa rekber kepada pembeli.

Pembeli kemudian mentransfer uang sejumlah pembayaran barang yang telah disepakati. Pada tahap ini, biasanya terdapat biaya tambahan yang berupa kode unik pembayaran. Namun tidak semua jasa rekening bersama memberlakukan aturan kode unik tersebut. Jika ada tambahan kode unik, maka pembeli harus mentransfer sejumlah uang yang telah ditetapkan dan tidak boleh kurang sedikitpun.

Pembayaran dari pembeli harus melalui tahap verifikasi oleh pihak jasa rekber yang biasanya mengharuskan adanya bukti transfer dan data pendukung lainnya. Kalau sudah dinyatakan berhasil verifikasi, pihak rekening bersama akan menginformasikan kepada penjual bahwa pembeli telah melakukan pembayaran. Lalu penjual harus mengirimkan barang pesanan pembeli sesuai kesepakatan awal. Pengiriman pada umumnya menggunakan jasa ekspedisi.

Sementara uang pembayaran dari pembeli yang seharusnya menjadi hak penjual ditahan dulu untuk sementara waktu oleh jasa rekening bersama. Pembeli tinggal menunggu barang pesanannya datang setelah adanya kepastian dari penjual jika barang sudah dikirim. Apabila barang sudah diterima, pembeli memiliki hak untuk memeriksa kelengkapan barang, apakah sesuai pesanan atau tidak.

Setelah pembeli memastikan barang yang diterimanya sesuai pesanan, maka pembeli harus meneruskan informasi kepada jasa rekber. Jasa rekening bersama lalu akan melanjutkan ke tahap penyaluran dana kepada penjual. Dalam tahap ini, jasa rekening bersama sudah mengantongi informasi rekening penjual. Sehingga dana penjualan akan masuk ke rekening penjual dalam waktu yang telah ditentukan.

Meskipun jasa rekening bersama adalah solusi aman untuk bertansaksi online, tetap saja kejadian penipuan oleh jasa rekening bersama. Untuk itu, pastikan hanya menggunakan jasa rekening bersama yang sudah dipercaya dan aman yaitu https://autorekber.com/. Penjual akan dipastikan hanya mengirimkan pesanan setelah ada pembayaran. Sedangkan pembeli akan dipastikan menerima barang sesuai harga yang dibayar.

https://autorekber.com/ menjadi jasa rekber terbaik dan paling praktis. Hanya dengan beberapa langkah mudah, semua urusan transaksi online untuk pembelian apa saja bisa terselesaikan. Jasa rekening bersama ini juga bisa diakses kapan saja, tanpa hari libur operasional. Limit nominal transaksi di jasa ini juga tergolong besar dengan fee jasa yang sangat terjangkau dan sistem pengecekan yang sudah canggih.

Leave a Reply