Angela Rika

Review, Review, and Review (Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems)

Posted: November 18th 2012

Hello hello readers. . . Aku kembali lagi dengan reviewku yang kedelapan. Minggu ini kita akan membahas tentang Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems. Mungkin buat beberapa reader, pembahasan kali ini terdengar cukup asing. Nah, biar readers nggak tambah bingung, kita langsung ke pembahasan minggu ini. Selamat membaca readers. . . 😀

TPS atau Transaction Processing Systems merupakan suatu sistem yang menjadi dasar bagi semua sistem informasi lainnya. TPS dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap peristiwa bisnis yang terjadi. Peristiwa bisnis (transaksi) bukan hanya menyangkut masalah jual beli. Selain TPS ada juga yang disebut MIS (Management Information Systems). MIS menyediakan informasi rutin (bulanan/mingguan/tahunan) kepada manajer pada area fungsional.

Selain TPS dan MIS, ada juga sistem-sistem yang lain, seperti :

  • Accounting & Finance Systems : perencanaan keuangan dan anggaran, analisis keuangan, serta mengontrol keuangan dan menganalisa kesehatan keuangan.
  • Marketing & Sales Systems : customer service (layanan pelanggan), iklan, masalah garansi, pendistribusian, serta menilai tren penjualan.
  • Production & Operations Management Systems : pemesanan, pembelian, dan pengiriman inbound dan outbound, memantau dan melaporkan kualitas bahan, barang dalam proses, dan barang jadi, serta melakukan perencanaan produksi.
  • Human Resources Management Systems : recruitment, seleksi karyawan, pemeliharaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), serta menganalisa absensi karyawan.

Sistem informasi berbasis fungsional perlu diintegrasikan karena tidak bisa memberi semua informasi yang dibutuhkan oleh karyawan dan tidak mengijinkan departemen yang berbeda berkomunikasi dengan efektif, selain itu data penjualan, inventory, dan produksi sering diinputkan secara manual ke sistem computer yang terpisah. Caranya untuk mengintegrasikan sistem informasi tersebut adalah dengan menghubungkan sistem yang ada, menggunakan aplikasi supply chain management, serta menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning.

Okay readers, cukup segitu reviewku minggu ini. Semoga tetap bisa bermanfaat buat readers. Terima kasih karena sudah setia berkunjung ke blogku yang sederhana ini. Sampai jumpa minggu depan. See ya readers. . . 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php