Angela Rika

Writing A Review Again (Telecommunicaton and Networks)

Posted: November 4th 2012

Hello readers. . . Aku datang kembali dengan review keenamku. 🙂 Pasti pada kangen kan dengan reviewku? Hehehe. . . 😀 #PD. Minggu ini kita akan membahas telekomunikasi dan jaringan. Tentu udah pada nggak asing dong dengan dua hal tersebut? Nah, biar readers nggak tambah kangen lagi, kita langsung saja ke pembahasan minggu ini. Happy reading. . . 🙂

 

Sistem telekomunikasi merupakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer yang mengirimkan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lainnya. Komponen-komponennya meliputi hardware, media, jaringan (networks), software, data communication providers, protocols, dan aplikasi. Jenis media komunikasi yang digunakan dalam sistem telekomunikasi adalah twisted-pair wire (telephone wire), coaxial cable, fiber-optic cable, microwave, satellite, radio, cellular radio technology, dan infrared.

 

Jaringan (networks) adalah gabungan dari alat komunikasi, media, dan software yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Adapun jenis dari jaringan tersebut adalah Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). LAN merupakan suatu jaringan yang jangkauan jarak geografinya relative kecil seperti rumah atau gedung perkantoran, sedangkan WAN merupakan jaringan yang jangkauan jarak geografinya besar, WAN terbesar di dunia adalah internet.

 

Jaringan dapat diatur dengan menggunakan client/server processing, peer-to-peer processing, open systems, atau enterprise-wide network. Pemanfaatan jaringan dalam dunia bisnis saat ini dapat kita lihat pada :

  • Electronic Mail (E-mail) : pesan berbasis komputer.
  • Videoconferencing : pertemuan kelompok yang dipisahkan oleh jarak.
  • Electronic Data Interchange : pengiriman transaksi bisnis sehari-hari secara elektronik.
  • Electronic Funds Transfer : proses transaksi keuangan secara elektronik.
  • Facsimiles : pengiriman dokumen secara elektronik.
  • Telecommuting : bekerja dari rumah melalui hubungan telekomunikasi.
  • Distance Learning : kelas dapat dilakukan pada waktu yang sama tetapi berbeda lokasi atau pada waktu dan lokasi yang berbeda.
  • Telematics

 

Okay readers, cukup sekian pembahasan kita minggu ini. Semoga review minggu ini bisa bermanfaat buat readers. Jangan lupa dan jangan bosan untuk berkunjung ke blogku ini setiap minggu ya readers. . . 😛 Sampai ketemu lagi di reviewku minggu depan. . . See ya. . . 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php