Angela Rika

Last Review before UTS (Managing Data and Information)

Posted: October 7th 2012

            Hi readers. . . Aku datang kembali dengan review kelimaku. . . Hehe. . . 😀 Setelah dua minggu kemarin kita membahas tentang computer hardware dan software, minggu ini kita akan membahas mengenai pengelolaan data dan informasi. Tentunya udah pada tahu dong, pentingnya mengelola data dan informasi yang kita punya. Ok deh kalau begitu, kita langsung saja ke pembahasan minggu ini. Selamat membaca. . . 🙂

            Dalam perkembangannya, pengelolaan data dan informasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengelolaan data dan informasi secara tradisional dan yang kedua menggunakan database managemenet system (DBMS). Pada pengelolaan data dan informasi secara tradisional, masing-masing departemen atau area dari suatu organisasi memiliki kumpulan file sendiri dan record dari suatu file tertentu bisa saja tidak terkait dengan records dari file yang lainnya. Hal tersebut, menimbulkan banyak pemasalahan dalam managemen data, seperti :

–          Duplikasi data = data yang sama bisa ditemukan di berbagai tempat

–          Data tidak konsisten = salinan beberapa data tidak lagi sama

–          Integritas data = data yang dimiliki harus akurat dan benar

–          Masalah keamanan = sulit melakukan pembatasan akses ke beberapa data pada berbagai aplikasi

–          Isolasi data = data dari beberapa file sulit untuk diakses dan diintegrasikan

–          Aplikasi / kepercayaan data = aplikasi dikembangkan berdasarkan bagaimana data tersebut di simpan

 

Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan DBMS. DBMSs merupakan software program yang menyediakan akses ke database sehingga data di simpan pada satu lokasi dan dapat diambil atau di update. Terdapat logical view dan physical view, namun pada DBMSs pengguna tidak harus mengetahui physical location dari suatu data dan hanya cukup mengetahui bagaimana data di organisasikan secara logika. Struktur database yang dibangun suatu organisasi dengan baik akan meningkatkan pengambilan keputusan dan pengetahuan melalui data warehouse (gudang data) dan penggunaan data mining tools.

Data warehouse merupakan sistem database yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan. Data yang disimpan adalah data saat ini dan masa lalu, serta detil dan rangkuman dari data-data yang ada. Sedangkan data mining mengekstrak pengetahuan dari data warehouse dengan menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi, korelasi, dan relasi. Dengan menggunakan data mining, kita dapat mengetahui berbagai hal, contohnya segmen pasar dan karakteristik dari konsumen, pola belanja konsumen, serta perilaku penipuan.

Nah, readers. . . Cukup sekian reviewku minggu ini. Semoga tetap bisa bermanfaat buat readers. . . 😀 Jangan lupa dan jangan bosan untuk berkunjung ke blogku ini yah. . . Hehehe. . . 😛 Sampai jumpa di reviewku yang berikutnya. . . 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php