Angela Rika

Week V Review (Computer Software)

Posted: September 30th 2012

Hello readers. . . Selamat datang kembali di blogku. . . 😀 Ini adalah postingan keempatku mengenai review materi PTI. Setelah membahas tentang perangkat keras komputer (computer hardware) di minggu kemarin, minggu ini aku akan membahas mengenai perangkat lunak komputer (computer software). Nggak perlu panjang lebar lagi, langsung saja kita mulai pembahasan mengenai computer software. Happy reading readers. . . 🙂

 

Secara garis besar, software dapat dibagi menjadi dua, yaitu software sistem (system software) dan software aplikasi (application software). System software merupakan software yang menjalankan fungsi komputer, seperti memberi instruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras / hardware. System software sendiri terdiri dari system control program dan system support program. Salah satu contoh dari system control program adalah operating system yang salah satu fungsinya untuk mengawasi keseluruhan operasi pada computer. Contoh dari operating system yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi readers adalah Windows 98, Windows XP, Linux, dan masih banyak lagi. Selain system software, ada juga application software yang bertugas untuk menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna, seperti komunikasi, multimedia, managemen data, mengolah kata.

 

Untuk memungkinkan pengguna memberitahu komputer apa yang harus dilakukan, terciptalah berbagai macam bahasa pemrograman. Seiring dengan perkembangan jaman, telah tercipta 5 generasi bahasa pemrograman, yaitu dimulai dari bahasa pemrograman yang masih terdiri dari binary digit (0,1) yang menjadi satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh komputer hingga bahasa pemrograman yang bisa menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bentuk yang bisa dibaca oleh mesin (komputer).

 

Seiring perkembangan jaman, semakin banyak permasalahan yang dihadapi oleh organisasi-organisasi. Contohnya saja ketika harus menghadapi tekanan kompetitif yang menyebabkan perlunya perubahan dalam prosedur oganisasi atau contoh permasalahan lainnya adalah penggunaan berbagai jenis software dan hardware yang menyebabkan kompleksitas dan perubahan semakin menjadi sulit. Berbagai solusi pun ditawarkan, seperti menggunakan paket software dengan modul fungsionalitas yang terintegrasi, menggunakan middeware untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda, atau pengelolaan semua operasi di dalam organisasi oleh enterprise software.

 

Nah readers, cukup segitu dulu ya reviewku tentang materi minggu ini. Semoga bisa bermanfaat buat readers. . . 😀 Nggak bosen-bosen buat ngingetin, jangan lupa buat terus mengunjungi blogku ya. . .  Hehehe. . . 😛 See you at next review readers. . . 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php