Angela Rika

My Third Review (Computer Hardware)

Posted: September 23rd 2012

 

            Hello. Hello. 😀 Selamat datang kembali readers. . . Seperti yang sudah ku janjikan pada review terakhirku, sekarang aku datang kembali dengan review ketigaku mengenai perangkat keras komputer (computer hardware). Plok. Plok. Plok. Plok. :”) Readers pasti udah pada tahu kan tentang perangkat keras komputer? Walaupun nggak ngerti banget, tapi setidaknya udah tahu dong nama-namanya? Nah, biar lebih tahu dan ngerti, bacanya sampai selesai ya. . . Selamat membaca readers. . . 😀

Komponen hardware dari sebuah sistem informasi adalah :

  • CPU (Central Processing Unit) / System Unit
  • Memory (Primary dan Secondary Storage)
  • Input Devices
  • Output Devices

Dua buah komponen utama dari sebuah motherboard adalah CPU, atau disebut juga processor, berfungsi untuk menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana computer bertindak dan memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Komponen umum yang biasanya terdapat dalam CPU adalah processor, memory, adapter card, ports, drive bays, dan power supply. Apa itu motherboard? Motherboard, disebut juga system board, adalah papan sirkuit utama di dalam system unit yang terdiri dari adapter card, processor chips, dan memory chips. Komponen-komponen dari suatu microprocessor adalah :

  • Control Unit : mengakses instruksi program -> menafsirkan instruksi -> mengontrol aliran data di sistem. Jalur aliran data disebut buses.
  • Arithmetic Logic Unit : melakukan proses komputasi dan komparasi pada data.
  • Registers : area penyimpanan berkecepatan tinggi yang menyimpan data dan instruksi seperti lokasi dimana data dan instruksi diambil, hasil perhitungan, menyimpan instruksi selama sedang di encode, serta data-data ketika ALU sedang menghitungnya.

 

Komponen hardware yang kedua adalah Memory. Terdiri dari primary dan secondary memory. Setiap byte disimpan di lokasi yang unik yang dinamakan address. Primary storage adalah tempat penyimpanan sementara yang menyimpan informasi, software aplikasi yang digunakan, serta sistem informasi. Meningkatkan kapasitas memori berarti meningkatkan kinerja dari sistem tersebut. Tipe-tipe primary storage adalah register, Random Access Memory (RAM), cache memory, dan Read-Only Memory (ROM). Siklus instruksi sebuah mesin adalah sebagai berikut :

  • Instruksi diambil dari primary storage oleh control unit -> Control unit mendecode instruksi -> ALU menerima data dan instruksi, kemudian melakukan perhitungan atau perbandingan -> Hasilnya kemudian disimpan dalam primary storage.

Readers, tahu nggak bagaimana sebuah huruf dikonversikan ke bentuk biner dan dikembalikan seperti semula? Kalau belum tahu, begini caranya :

  1. Pengguna (users) menekan huruf D kapital (shift+D) pada keyboard.
  2. Sinyal elektronik untuk huruf D kapital dikirimkan ke sistem unit.
  3. Sinyal untuk huruf D kapital dikonversikan ke kode biner ASCII-nya (01000100) dan disimpan dalam memori untuk diproses.
  4. Setelah diproses, kode biner untuk huruf D kapital dikonversikan ke dalam bentuk gambar dan ditampilkan melalui output devices.

Komputer biasanya diklasifikasikan berdasarkan daya/kemampuan memprosesnya, yaitu : Supercomputers, Mainframes, Midrange, Workstations, Microcomputers, dan Computing appliances. Tetapi, seiring berkembangnya teknologi yang cenderung cepat, tidak ada batas yang jelas untuk mengklasifikasi komputer pada jaman sekarang ini.

Perangkat keras komputer yang berikutnya adalah input devices dan output devices. Input devices merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi, seperti keyboard, joystick, mouse, stylus, microphone, scanners, kamera, dan lain sebagainya. Sedangkan output device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pengguna (users), seperti monitor, speaker, printer, dan sebagainya.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih suatu hardware, terutama yang menyangkut kepentingan organisasi :

  • Produktivitas = apakah produktivitas dari pegawai akan meningkat setara dengan peningkatan kekuatan dan kecepatan microprocessor?
  • Mengubah style bekerja = apakah style bekerja yang baru akan member keuntungan bagi pegawai dan perusahaan secara menyeluruh?
  • Produk dan layanan baru = apakah perusahaan siap dan mampu mengambil keuntungan dari produk dan layanan baru pada lingkungan bisnis?
  • Peningkatan komunikasi = apakah organisasi siap untuk menggunakan multimedia sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan?

Nah. . . Cukup sekian reviewku tentang materi yang ketiga ini. Semoga tetap bisa bermanfaat buat readers. . . Jangan bosan untuk mengunjungi blogku ini ya. . . Sampai jumpa di review yang berikutnya readers. . . 😀

 


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php