Angela Rika

Another Review (IT in Modern Organization)

Posted: September 21st 2012

Hai readers. . . Welcome back to my blog. 🙂 Seperti yang sudah ku sampaikan minggu lalu, ini adalah post keduaku mengenai ringkasan/review materi yang sudah ku dapat dari mata kuliah PTI. Pembahasan minggu ini adalah mengenai teknologi informasi di organisasi modern. Selamat membaca. . . 😀

 

Infrastruktur (komponen-komponen) dari suatu informasi :

  • Fasilitas, layanan, dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan-perusahaan, contohnya :
  1. Computer hardware
  2. General-purpose software
  3. Networks and communications facilities
  4. Databases
  5. Information management personnel
  • Infrastruktur dari informasi mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan dari sumber daya komputasi, serta mendefinisikan bagaimana sumber daya komputasi di atur, di operasikan, dan di kelola.

 

Selain infrastruktur dari suatu informasi, terdapat juga information architecture, yaitu suatu rencana tingkat tinggi (high level plan) yang menjabarkan :

  • Kebutuhan informasi suatu perusahaan
  • Bagaimana kebutuhan tersebut bisa terpenuhi

Information architecture juga memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang direncanakan, dan aplikasi perangkat lunak, serta membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan.

 

Pada review pertamaku, aku sudah membahas mengenai pengertian dari sistem informasi (SI). Sekarang aku akan membahas tentang jenis-jenis dari SI :

  1. Transaction Processing System (Sistem Pemrosesan Transaksi)
  2. Management Information System (Sistem Informasi Manajemen)
  3. Office Automation System
  4. Decision Support System (Sistem Pendukung Keputusan)
  5. Intellegent Support System
  6. End-user Computing
  7. Knowledge Management Systems
  8. Data Warehousing (Gudang Data)
  9. Mobile Computing

 

Cara SI mendukung kinerja suatu organisasi (perusahaan) adalah :

  • Bagaimana organisasi tersebut distrukturkan.
  • SI di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi distrukturkan.
  • SI terdiri dari berbagai macam aplikasi yang mendukung kinerja pribadi/team, departemen, divisi/unit, bahkan keseluruhan perusahaan.
  • SI dapat menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis.
  • SI penting dalam memfasilitasi e-commerce.
  • Dukungan SI diperlukan oleh orang-orang tergantung pada peran mereka pada organisasi, seperti pada piramida hirarki berikut ini :

Sumber : Turban & Rainer. 2003. Introduction to Information Technology. 2nd Edition. John Wiley & Sons

 

Ok, that’s all buat materi yang kedua. Terima kasih sudah menyisihkan waktu untuk membaca postku ini. . . Semoga bisa bermanfaat buat readers. . . Sampai jumpa di reviewku yang berikutnya. . . 😀


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php