Angela Rika

Review Pertamaku (Business and IT)

Posted: September 13th 2012

Hai readers. . . Selamat datang di blogku. Ini adalah post pertamaku mengenai ringkasan/review materi yang sudah ku dapat dari mata kuliah PTI. Setiap minggu aku akan menulis ringkasan/review dari materi yang sudah diberikan. Jadi jangan bosan untuk mengunjungi blogku ya. . . 😀  #ngarep. Ok, kita langsung saja ke pembahasan pertama, yaitu mengenai bisnis dan teknologi informasi.

 

Readers pasti udah nggak asing lagi dong dengan yang namanya IT? Mungkin bagi sebagian besar orang, IT sudah menjadi ‘makanan’ sehari-hari mereka. Tetapi tahukah kalian bahwa IT ternyata juga mempunyai pengaruh terhadap lingkungan bisnis saat ini? Karakteristik dari lingkungan bisnis saat ini adalah perubahan yang cepat, kompleks, ekonomi yang bersifat global, kompetisi yang ketat, dan fokus pada konsumen. Sehingga lingkungan bisnis saat ini harus menghadapi tekanan-tekanan untuk menghasilkan produk yang banyak dengan sumber yang terbatas. Dalam menghadapi tekanan-tekanan tersebut, perusahaan mungkin akan melibatkan penggunaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Tekanan-tekanan tersebut dapat berupa kompetisis global pada area perdagangan dan tenaga kerja, perubahan workforce (menjadi lebih mobile), kebijakan pemerintah, kewajiban sosial, dan lain sebagainya. Sehingga dalam berbagai kasus, IT merupakan satu-satunya solusi untuk menghadapi tekanan-tekanan bisnis dan dapat dipastikan juga bahwa pengetahuan tentang penggunaan IT sangat penting bagi orang-orang yang berkecimpung di lingkungan bisnis saat ini.

 

Selain alasan di atas, masih ada beberapa alasan lagi,mengapa kita harus mengetahui bahkan mempelajari mengenai IT, seperti :

  • Apa yang bisa dilakukan dengan IT dan konsekuensi dari penggunaan IT sangatlah menarik. Contoh : Mobile banking, E-Ticketing.
  • Struktur organisasi, manajemen, dan proses sering berubah mengikuti perkembangan IT. Contoh : Fokus pada konsumen, waktu kerja yang singkat.
  • Peluang kerja dan karir melimpah pada area IT. Contoh : Sales Department, Marketing Department.
  • IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis. Contoh : pengolahan makanan.

 

Kita mungkin mengenal istilah-istilah seperti data, informasi, knowledge, sistem, bahkan komputer. Tapi apakah kalian tahu arti dari istilah-istilah tersebut? Ok, aku akan memberi tahu arti dari istilah-istilah tersebut. Data merupakan fakta-fakta mentah yang dikumpulkan, tetapi belum terorganisir. Sedangkan informasi adalah kumpulan dari data yang sudah terorganisir sehingga mempunyai makna. Jika informasi-informasi tersebut digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, maka kita menyebutnya sebagai sebuah knowledge atau pengetahuan. Sistem dapat diartikan sebagai komponen-komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama. Dan komputer  merupakan peralatan elektronik yang beroperasi di bawah instruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memori peralatan tersebut. Selain istilah-istilah tersebut, ada juga yang disebut dengan sistem informasi, yaitu sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa data, dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik. Sehingga kita mengenal adanya komputer berbasis sistem informasi yang terdiri dari hardware, software, data, dan manusia.

 

Informasi yang ada saat ini sangat beragam, tetapi hanya sebagian yang benar-benar bermanfaat. Oleh karena itu kita harus pandai dalam menyeleksinya. Syarat sebuah informasi disebut sebagai informasi yang berguna adalah sebagai berikut :

  • Akurat : bebas dari kesalahan
  • Lengkap : mencakup semua yang dibutuhkan
  • Fleksibel : dapat dilihat dengan berbagai cara
  • Handal : hasilnya selalu konsisten
  • Relevan : diterapkan pada topik yang dipelajari (update)
  • Tepat waktu : tersedia saat dibutuhkan
  • Dapat diverifikasi : bisa dilacak dasar dari informasinya (sumbernya jelas)
  • Bisa diakses : siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut bisa mengaksesnya
  • Aman : bebas dari kontaminasi baik sengaja maupun tidak sengaja.

 

Berdasarkan hal-hal yang sudah dijelaskan diatas, perusahaan mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap Sistem Informasi yang mereka punyai, seperti :

  • Cepat, pengolahan transaksi bisnis yang akurat
  • Penyimpanan, pencarian, analisa, dan pembagian data untuk meningkatkan komunikasi, mengurangi overload, menjangkau batas-batas organisasi, mendukung dan meningkatkan pengambilan keputusan.
  • Kemampuan yang unik yang menyediakan keunggulan yang kompetitif

 

Ok, demikian reviewku tentang materi pertama. Terima kasih sudah mau membacanya sampai selesai. Semoga dapat bermanfaat buat readers. Tunggu aku di review yang berikutnya. 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php