OPERASI WASIR MENGGUNAKAN BPJS

Operasi wasir akan dilakukan untuk mengangkat benjolan yang menyebabkan pendarahan dan juga rasa sakit setiap kali BAB. Ketika berbicara soal operasi maka hal pertama yang ditanyakan adalah biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi. Pada umumnya biaya yang dibutuhkan ketika dilakukan operasi tidak sedikit.

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi sangat beragam tergantung rumah sakit dan juga metode yang digunakan. Namun Anda tidak perlu khawatir jika sudah terdaftar dalam BPJS kesehatan. Salah satu pengobatan yang dapat ditanggung BPJS adalah wasir. Sehingga bagi Anda yang sudah tergabung dengan BPJS semua biaya dalam proses penanganan wasir dibiayai oleh BPJS. Namun BPJS tidak menanggung biaya penambahan alat.

OPERASI WASIR MENGGUNAKAN BPJS

Biaya operasi wasir yang relatif besar yaitu kisaran 4-8 juta tidak perlu Anda khawatirkan jika sudah terdaftar dalam BPJS kesehatan. Karena BPJS akan menanggung semua biaya operasi Anda. Namun agar biaya operasi Anda ditanggung oleh BPJS, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

  • Pastikan Anda telah terdaftar di BPJS kesehatan.
  • Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan pertama yaitu puskesmas dengan menunjukkan kartu BPJS. Kemudian dokter akan memberikan surat rujukan jika wasir Anda sudah parah dan perlu dilakukan operasi
  • Siapkan identitas diri (KTP) dan juga kartu keluarga (KK) asli.
  • Hubungi bagian administrasi yang ada di rumah sakit atau klinik wasir dimana Anda akan melakukan operasi.
  • Tunjukkan surat rujukan dan juga data diri lengkap Anda ke bagian administrasi rumah sakit.

Semua aturan itu harus Anda lakukan sesuai dengan prosedur dan aturan dari BPJS. Jangan sampai ada salah satu berkas yang tidak Anda lengkapi. Info penting yang juga wajib Anda tahu adalah terdapat pembagian kelas dalam asuransi BPJS, dimana ini menyangkut tentang besaran biaya yang ditanggung oleh BPJS. Jadi jika biaya pengobatan atau operasi Anda melebihi dari ketentuan yang harus ditanggung BPJS, maka selebihnya harus Anda bayar sendiri.

Demikian itu adalah info tentang biaya yang harus Anda keluarkan jika melakukan operasi wasir dengan BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *