Keluh Kesah dalam Dunia Kuliah!! Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Anda baru saja lulus kuliah? Atau sedang proses mendaftarkan diri untuk kuliah di universitas pilihan Anda dan orang tua? Nah, sebelum masuk kuliah pastikan Anda sudah tahu dulu beberapa keluh kesah dalam dunia kuliah yang akan dirasakan oleh mahasiswa baru seperti Anda. Anda harus tahu ini biar tidak kaget saat menghadapi dunia kuliah.

Ya, kuliah adalah jenjang pendidikan selanjutnya yang bisa kita tempuh setelah lulus SMA. Tujuan banyak orang mengenyam pendidikan yang lebih tinggi untuk mendapatkan gelar sarjana ini tentu tidak lain adalah untuk menimba ilmu dan pengetahuan lebih banyak dan agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan nantinya.

Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini Dia Keluh Kesah dalam Dunia Kuliah

Nah, untuk Anda yang akan menjalani proses perkualihan sebentar lagi. Pastikan Anda sudah tahu beberapa keluh kesah dalam dunia kuliah yang tentu berbeda 180 derajat dengan dunia persekolahan saat SMA. Langsung saja yuk simak ulasannya.

Siap-siap Tugas dari Dosen Segunung

Pertama, mengenai tugas. Berbeda dengan tugas sekolah yang hanya diberi beberapa PR oleh guru Anda. Saat kuliah tugas yang diberikan oleh dosen akan lebih banyak dan tak terhingga. Sepertinya semua dosen akan memberikan Anda tugas untuk pertemuan selanjutnya. Baik pembuatan karya ilmiah, persentasi materi, dan begitu terus. Jadi, siapkan saja mental Anda.

Dikejar Deadline

Tak heran karena banyaknya tugas dari dosen kita menjadi lebih banyak diburu oleh waktu atau di kejar deadline karena harus menyelesaikan semua tugas di pertemuan minggu depan atau selanjutnya. Banyangkan saja 1 minggu kita kuliah ada berbagai tugas mulai dari persentasi, kerja kelompok, belum lagi urusan kita sendiri dan yang paling menguras tenaga adalah menulis laporan praktikum di malam hari waktu orang lain sedang enak-enaknya tidur.

Bukan Dosen yang Mencari Mahasiswa, Tapi Mahasiswa yang Mencari Dosen

Tak hanya itu, jika di tingkat SMA kita yang dicari-cari oleh guru ketika nilai kurang. Hal ini tentu akan berbeda ketika saat kuliah. Dosen Anda tidak akan memperdulikan nilai yang Anda dapatkan kalau Anda yang tidak berusaha untuk mencari dosen saat akan melakukan remidi atau tugas tambahan. Maka sudah dapat dipastikan Anda akan mendapatkan nilai jelek dan mau tidak mau harus mengulang mata kuliah tersebut di semester depan.

Berjuang Mencari Dosen Pembimbing

Apalagi saat memasukan tingkat akhir perkuliahan, skripsi akan membuatmu stress mungkin. Karena biasanya ada beberapa tipe dosen pembimbing yang sulit ditemui saat akan melakukan bimbingan. Jadi, disini Anda harus sedikit berjuang untuk lulus dan wisuda.

Walaupun begitu, tak masalah! Karena memang proses inilah yang harus Anda lewati selama menjadi mahasiswa. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *