Memahami Pengertian Hymenoplasty Agar Tak Salah Kapah

Mendengar kata Hymenoplasty mungkin masih asing bagi sebagian orang. Bahkan,  mungkin akan ada banyak orang  yang bilang bahwa kata ini adalah kata yang baru didengar.

Keadaan jaman yang terus berkembang, serta budayanya yang bahkan semakin bebas, khususnya untuk wanita harus dapat menjaga diri mereka tetap perawan hingga mereka menikah nanti. Banyaknya kasus pemerkosaan, pencabulan, hingga seks bebas mengakibatkan banyak wanita pada usia muda bahkan sebelum menikah sudah harus kehilangan keperawanannya.

Berikut ini akan disampaikan mengenai pengertian dari Hymenoplasty yang sangat berhubungan erat kaitannya dengan wanita, dan memiliki hubungan dengan wanita yang masih perawan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Definis Hymenoplasty

hymenoplasty atau banyak juga yang menyebutkan hymenorrhaphy yang berasal dari bahasa Yunani yang hymen yang artinya selaput dan juga raphe yang juga dapat diartikan sebagai jahitan.

Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa disebut dengan bedah rekonstruksi atau lebih dikenal sebagai operasi selaput dara. Operasi ini biasanya akan dilakukan ketika seorang wanita mengalami robek pada selaput daranya. Operasi dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk bisa mengembalikan selaput dara yang sudah robek kembali menjadi seperti semula.

Penyebab dari robeknya selaput dara ini bukan hanya karena akibat berhubungan badan atau berhubungan seksual, banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi terjadinya selaput dara yang robek.

Selaput dara dapat robek karena aktivitas fisik, olahraga, cedera, atau bisa terjadi karena adanya penyakit. Namun proses operasi selaput dara ini dengan berbagai pertimbangan serta kebutuhannya masih banyak yang belum melakukannya.

Operasi selaput dara juga tidak termasuk dalam jenis perawatan ginekologi konvensional. Operasi ini masih masuk ke dalam jenis bedah plastik, karena operasi selaput dara sendiri sering dilakukan dalam bentuk alasan yang tidak termasuk ke dalam alasan medis.

Namun ada juga sebagian wanita yang memiliki selaput dara yang elastis, bahkan kegiatan seksual pun tidak dapat membuat selaput ini terkoyak.

Jadi dapat dikatakan bahwa Hymenoplasty  adalah sebuah prosedur operasi selaput dara untuk mengembalikan selaput dara yang sudah terkoyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *