andreasite

Pengertian Beton Precast

Posted: April 15th 2019

Pengertian Beton Precast – Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian beton precast atau istilah lainnya yaitu beton pracetak. Dimana sebuah produk yang terbuat dari material berupa beton yang dibuat oleh pabrik. Beton memang sudah sejak lama dipakai bahkan sudah berabad-abad. Untuk segi harganyapun masih termasuk relatif terjangkau. Beton sendiri ialah salah satu elemen penting yang dipakai ketika proses pembangunan.

Baca juga artikel lain di : https://blogs.uajy.ac.id/andreasite/

Beton sendiri dipakai untuk konstruksi seperti struktur bangunan, pembuatan jalan, jembatan dan sebagainya. Proses pembuatan beton dari waktu ke waktu berkembang. Dimana dulu beton dibuat serta dicor langsung pada tempatnya yang ingin diberi beton. Kini sekerang beton yang dulu disebut beton konvensional sekarang berubah dan berkembang menjadi beton precast atau dengan bahasa lain yaitu beton pracetak..

Beton pracetak atau beton precast merupakan beton yang telah dicetak dan dibuat terlebih dahulu di pabrik beton pracetak atau tempat khusus dimana tempat tersebut terpisah dari lokasi konstruksi. Beton dini dicetak berdasarkan kebutuhan di lapangan. Beton juga dirawat sesuai standart yang berlaku. Proses perawatan nya pun bertujuan agar dapat menjaga kadar air dalam beton agar kualitas tetap terjaga dan mutunya terjamin dengan baik.

Proses ini dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penyiraman permukaan  beton, pembungkusan dengan karung yang basah, steam curing dan handling. Ketika beton telah mencapai umur perawatan, beton tersebut sudah siap untuk digunakan. Biasanya dari pabrik beton pracetak akan dikirim ke lokasi konstruksi untuk segera dipasang.

☎ (021) 2957 2295

Kelebihan dari beton precast yaitu lebih menghemat waktu dalam proses pengerjaan konstruksi sebab telah dibuat secara terpisah. Kualitasnya pun menjadi lebih baik serta terjamin dengan mutu yang sesuai standar. Praktis serta efisien dalam penggunaannya. Dimana beton hanya tinggal dipasang pada bagian yang dibutuhkan saja. Ramah lingkungan serta tidak menimbulkan limbah lokasi konstruksi.

Sedangkan untuk perbedaan beton precast kering dan pracetak basah yakni jika pracetak kering beeguna untuk membantu proses pemadatan agar lebih efisien dalam waktu pemadatan serta meninggalkan output yang dihasilkan. Sedangkan untuk pracetak basah berguna untuk mengurangi kadar air dalam jumlah besar sehingga beton yang dihasilkan mempunyai kekuatan serta kinerja yang cukup baik.

Berikutnya perbedaanya yaitu pada sambungan, dimana sambungan tersebut merupakan hal kusial ketika pemasangan betok pracetak. Untuk sambungan beton pracetak kering dari pabrik beton pracetak dapat dilakukan dengan menggunakan komponen-komponen seperti plat besi dimana dihubungkan menggunakan baut maupun las.

Sedangkan untuk sambungan beton precast basah dilakukan dengan cara mengecor di tempat atau grouting dan memanfaatkan kekuatan dari beton itu sendiri.

Untuk pracetak kering biasanya dipakai dalam produk beton yang menggunakan mesin percetakan instan seperti trotoar dan sebagainya. Sedangkan untuk pracetak basah digunakan untuk beton yang mana membutuhkan kekuatan awal serta kinerja tinggi. Bahkan mempunyai kapasitas pengurangan air yang sangat besar. Salah satu contoh penggunaan beton precast basah yaitu seperti pada produk, precast serta beton dari pabrik beton pracetak.

Begitu sangat membantu adanya beton jenis ini dalam proses konstruksi. walaupun tidak mengecilkan perannya beton konvensional yang mempunyai berbagai keunggulan. Penggunaan serta pemilihan jenis beton precast bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi bahkan waktu pengerjaan konstruksi.

Itulah pembahasan mengenai pengertian beton precast. Semoga bermanfaat




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php