andreasite

Bingung Membuat Surat Izin melakukan Penelitian? Berikut Tips Mudah yang Dapat Anda Ikuti

Posted: March 15th 2019

Bingung Membuat Surat Izin melakukan Penelitian? Berikut Tips Mudah yang Dapat Anda Ikuti! – Dari sejak kita menginjakkan kaki di sekolah formal, pastinya tidak asing dengan yang namanya surat. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan seseorang, semakin banyak pula jenis surat yang dikeluarkan. Surat Izin merupakan legalitas seseorang, yaitu dia sudah mendapatkan izin orang lain untuk melakukan sesuatu. Banyak sekali berbagai macam contoh surat izin yang digunakan di internet, sesuai dengan keperluan kamu.


surat izin melakukan

Meskipun teknologi telah berkembang cukup pesat, tapi penggunaan surat izin sebagai legalitas tidak bisa digantikan oleh apapun. Perbedaaan yang signifikan dalam menulis surat, terlihat dari objek yang dipakainya. Jika dulu kita menulis surat menggunakan pena, sekarang bisa langsung diketik di laptop atau komputer.

Salah satu surat izin yang sering dicari adalah surat izin melakukan penelitian yang biasanya banyak diakses oleh para mahasiswa tingkat akhir di https://www.kumpulansurat.co.id/, sebagai penunjang penelitian yang akan dilakukannya. Namun, meskipun telah banyak surat izin ini yang beredar di internet, tak lantas membuat mereka paham mengenai penulisan surat ini. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas tips mudah membuat surat izin penelitian.

Menggunakan Bahasa yang Sopan

Seperti yang kita ketahui, surat izin merupakan salah satu surat resmi yang penulisannya harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan, agar maksud dari apa yang kamu inginkan tersampaikan dengan jelas dan tentunya dengan bahasa yang sopan.

Menulis Nama Orang yang Dituju dengan Jelas

Hal ini merupakan tips mudah untuk membuat surat izin melakukan penelitian berikutnya. Dimana, kamu harus menuliskan dengan jelas nama pihak atau perusahaan yang akan kamu teliti. Pastikan bahwa nama itu sudah benar adanya. Karena, akan fatal jika sampai satu huruf saja salah.

Bahasa Tidak Bertele-tele

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menuliskan maksud dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sederhana. Sehingga, pihak yang membaca pun mengerti dengan maksud yang kamu coba sampaikan. Disini, diperlukan perangkaian kata yang baik dan perlu dibaca berulangkali agar tidak melakukan kesalahan.

Penyusunan Kalimat yang Tepat

Biasanya, kesalahan yang sering dilakukan dalam pembuatan surat izin melakukan penelitian adalah tidak tersusunnya kalimat secara baik. Hal ini bisa saja dilakukan karena ingin menghindari kalimat yang bertele-tele. Sehingga, bukannya dapat kalimat yang baik, malah kalimat rancu yang ditulis. Hal ini tentu saja harus kamu hindari, bacalah surat itu berulang kali. Jika dirasa ada yang kurang, maka perbaikilah dahulu.

Meskipun ada beberapa universitas yang membuat sendiri surat izin ini, guna memperluas wawasan dan setidaknya paham bagaimana membuat surat resmi yang baik dan benar. Tidak ada salahnya, sebagai mahasiswa kita mengetahui cara penulisan surat ini. Karena, surat izin merupakan sesuatu yang kelak sangat berguna bagi keberlangsungan pekerjaan kamu ke depannya.

Sesudah membuat surat izin melakukan penelitian itu, biasanya ada beberapa kebijakan yang diterapkan oleh pihak yang diteliti dan kamu harus sudah siap dengan berkas-berkas yang nantinya bisa saja dipinta. Misal, melengkapi berkas, seperti surat rekomendari dari kampus, KTM, dan sebagainya yang gunanya sebagai tanda pengenal. Nah, itulah beberapa tips mudah dalam membuat salah satu dari surat resmi ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php