andreasite

Cara Efektif Belajar Untuk Ujian

Posted: March 15th 2019

Cara Efektif Belajar Untuk Ujian! – Peraturan pendidikan di Indonesia semakin ketat saja. Dalam pergantian semester atau pun kenaikan kelas, akan diadakan ujian bagi para siswa. Siswa-siswa yang mampu meraih nilai sesuai ketetapan maka mereka berhak lulus atau naik kelas. Sementara, siswa-siswa yang tidak mampu memenuhi standar nilai, terpaksa harus mengikuti ujian ulangan atau remidial. Jika dari hasil remidial juga belum tercukupi, maka terpaksa siswa tersebut harus tinggal kelas.


Cara efektif belajar

Nah, untuk bisa sukses menghadapi ujian, kamu tentu harus memahami bagaimana cara efektif belajar. Belajar saja tidak boleh sembarangan belajar, melainkan harus menggunakan cara yang efektif supaya kamu bisa menyerapnya secara maksimal. Lalu, bagaimana sih, cara belajar yang efektif itu? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Baca Ulang Catatan Pelajaranmu

Cara efektif belajar yang pertama adalah membaca ulang catatan pelajaran yang besok akan diujikan. Jika kamu tidak punya catatan, maka pinjamlah catatan milik teman yang bisa kamu andalkan. Selain itu, kamu juga perlu memberi warna-warna tertentu pada kata kunci dan hal-hal penting dari catatanmu. Hal ini bisa membuatmu lebih mengingat dan memahami apa yang kamu pelajari. Kamu juga bisa membuat ringkasan catatan tersebut, lalu kembali membaca catatan secara berurutan. Ini akan memudahkanmu untuk lebih memahami setiap detail informasinya dengan baik.

Ucapkanlah Keras-Keras

Jika kamu pikir ini adalah cara yang berlebihan, maka kamu patut mencobanya dulu. Mengucapkan keras-keras materi yang sedang kamu pelajari rupanya bisa membuat otakmu lebih mudah mengingatnya, lho. Pada dasarnya, otak akan lebih mudah menyimpan semua informasi yang diucapkan dan didengar. Beda halnya jika materi tersebut hanya dibaca dalam hati.

Jika cara ini tidak mudah, kamu bisa membayangkan dirimu sendiri sedang mengajar orang lain. Ini akan membantumu untuk menyelesaikan materi dengan sungguh-sungguh. Selain itu, dengan berbicara, kamu jadi lebih tahu mana bahan yang sudah benar-benar kamu kuasai atau belum. Nah, coba saja cara belajar yang efektif untuk ujian ini Anda bisa simak di https://www.gurukelas.co.id/.

Teknik Menghafal

Cara efektif belajar untuk menghadapi ujian lainnya adalah dengan teknik menghafal. Tekniknya bisa dengan menuliskan materi berulang-ulang. Ini akan membantumu lebih mudah mengingatnya. Akan semakin efektif jika kamu menulisnya secara berulang sampai tiga kali pada rumus atau materi yang penting.

Selanjutnya, kamu juga bisa membuat jembatan keledai. Jembatan keledai ini akan membantumu lebih mudah lagi mengingat materi karena ciri khasnya yang unik. Misal saja, kamu bisa membuat materi menjadi singkat dengan rima yang sama, atau mengubahnya dalam bentuk lagu yang kamu suka. Belajar pun jadi menyenangkan.

Manfaatkan Buku-Buku Pelajaran

Memanfaatkan buku-buku pelajaran dengan baik juga bisa menjadi salah satu cara efektif belajar. Caranya,  kamu bisa mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku. Ini bisa membuatmu secara tidak langsung kembali mengingat apa yang baru saja kamu baca dan pelajari. Jika kamu bisa menjawab soal dengan baik tanpa sedikit-sedikit membuka materi, itu tandanya kamu sudah menguasai materi yang kamu pelajari.

Buatlah Panduan Belajar

Panduan belajar ini berisi ringkasan dan urutan materi yang sudah kamu pelajari dan kamu tulis ulang. Ini bisa kamu gunakan saat menunggu detik-detik ujian untuk memudahkan kamu mengingat materi. Mudah, bukan?

Nah, itu dia beberapa cara efektif belajar untuk menghadapi ujian. Bagaimana, mudah untuk kamu terapkan, bukan? Selamat mencoba, dan semoga artikel ini bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php