andreasite

Cara Merawat Aquarium dengan Bantuan Jasa Aquarium Air Laut

Posted: February 25th 2019

Cara Merawat Aquarium dengan Bantuan Jasa Aquarium Air Laut! Yang suka memelihara ikan dan binatang air, pasti akan membutuhkan wadah untuk menampung peliharaan mereka. Mulai dari bentuk yang bulat seperti toples sampai yang kotak dan berukuran besar. Berdasarkan tempat hidupnya, hewan air dibedakan menjadi dua yaitu hewan yang hidup di air tawar dan hewan yang hidup di air laut.


jasa aquarium air laut

Bagi yang ingin memelihara ikan yang hidup di air laut memerlukan pengetahuan khusus agar hewan peliharaannya bisa bertahan hidup di aquarium. Untuk itu diperlukan jasa aquarium air laut yang ahli dalam bidangnya karena memelihara ikan air laut lebih rumit dan biaya perawatannya juga lebih mahal dibandingkan perawatan ikan air tawar. Jika salah sedikit saja dalam merawatnya bisa berakibat matinya ikan air laut.

Dalam merawat aquarium air laut supaya awet, salah satu hal yang perlu diterapkan oleh jasa aquarium air laut adalah dengan melakukan penggantian air laut di dalam aquarium secara rutin dan berkala. Tapi yang perlu untuk diperhatikan, jangan mengganti air laut di aquarium secara keseluruhan. Gantilah 20 persen air laut setiap 2 Minggu sekali dan diganti sebanyak 50 persen setiap bulannya. Tambahkan air tawar untuk menggantikan air laut yang menguap.

Jasa aquarium air laut  akan mengecek tingkat keasaman air dan kandungan garam pada air laut di aquarium secara berkala. pH meter atau kertas lakmus bisa digunakan untuk mengecek tingkat keasaman air. Jika di deteksi tingkat keasamannya rendah, bisa diatasi dengan menggunakan obat kalkwasser. Sedangkan untuk mengecek kadar garam di air aquarium bisa dengan menggunakan hidrometer.

Selain ikan, karang hidup dan tanaman  air di aquarium juga membutuhkan perawatan yang rutin untuk mempercantik tampilan aquarium. Karang hidup yang berwarna keunguan juga bermanfaat sebagai pengendali air alami, dibutuhkan 1/3 dari volume air agar agar kualitas kinerjanya tetap terjaga. Tanaman air selain sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan awal juga berfungsi untuk menjaga mutu air dengan cara mengeluarkan oksigen dan secara signifikan akan mengurangi kandungan nitrat di air.

Jika suatu saat ingin menambahkan ikan laut, sebaiknya memberi info terlebih dahulu kepada jasa aquarium air laut dan jangan langsung dimasukkan ke dalam aquarium. Ikan akan mengalami kesulitan beradaptasi karena perbedaan suhu antara kantong  plastik dengan suhu di aquarium. Untuk mengatasi hal ini bisa diatasi dengan cara merendam kantong plastik yang berisi ikan ke dalam aquarium biarkan selama setengah jam. Kemudian buka pengikat kantong dan biarkan ikan keluar sendiri menuju aquarium.

Semakin banyak isi aquarium tentu akan semakin terlihat indah. Tapi yang harus diingat adalah tidak mengisi aquarium dengan terlalu banyak jenis ikan dan terumbu karang. Jika diisi berlebihan hanya akan menyebabkan ikan susah bergerak bebas dan akan merasa stres. Selain itu jika terlalu banyak hanya akan menyebabkan aquarium lebih gampang kotor. Cara mengatasinya bisa dengan memelihara biota laut yang akan memakan lumut di dasar aquarium.

Sebagai seseorang yang hobi memelihara ikan tapi tidak sibuk bekerja, cara merawat aquarium dengan bantuan jasa aquarium air laut ini bisa menjadi alternatif pilihan agar tetap bisa menyalurkan hobinya tanpa mengorbankan kesibukannya dalam mencari nafkah. Dengan mempunyai aquarium air laut juga bisa menjadi obat untuk mengurangi tingkat stress akibat banyaknya pekerjaan yang harus ditangani.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php