Konsultan Green Building Indonesia untuk Tren Bangunan Masa Depan

Konsultan Green Building Indonesia untuk Tren Bangunan Masa Depan. Disiplin ilmu terapan arsitektur saat ini sedang berada pada masa yang penuh tantangan. Tantangan utamanya adalah bagaimana membangun sebuah bangunan, baik gedung ataupun hunian tapak, yang mengakomodasi kebutuhan manusia dan lingkungan, serta sustainable dan mampu menunjang dirinya sendiri, khususnya dari sisi energi. Tipe bangunan seperti ini disebut green buiding, sebuah tipe yang akan menjadi tren bangunan di masa depan. Dan tentunya, negara kita tercinta ini pun membutuhkan konsultan green building Indonesia.


konsultan green building Jakarta

Bukan kenapa, konsep green building ini sudah dijalankan di berbagai negara  maju, terutama di  kota-kota besarnya, dengan standar LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) yang digagas oleh US. Green Buildinng Council. Dan Jakarta, sebagai sebuah kota metropolitan dan wajah Indonesia, bisa dikatakan dalam kondisi yang sangat darurat untuk adanya konsultan green building Jakarta. Ini agar konsep-konsep pembangunan di Jakarta mengakomodir kebutuhan untuk pembangunan yang sustainable bagi tuntutan fungsionalitas manusia, keseimbangan dengan lingkungan, dan hemat energi.

Sebagai salah satu kota dengan kepadatan tertinggi di dunia, Jakarta membutuhkan banyak gedung atau bangunan yang mengusung konsep green building. Konsep green building ini tidak hanya berarti memperbanyak taman, atau menanam tanaman di sekitar rumah atau bangunan, tapi lebih jauh lagi. Sembari tetap mempertahankan produktivitas dan aksesibilitas manusia penghuni bangunan tersebut, konsultan green building Jakarta tetap perlu memperhatikan keselamatan, kenyamanan, keindahan, pelestarian lingkungan, hemat biaya, dan energi dengan mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan untuk operasional gedung tersebut.

Bagaimana dengan kota-kota lain di Indonesia selain Jakarta? Tentu saja perlu. Menilik dari tren pembangunan di kota-kota negara maju, green building ini adalah suatu keniscayaan. Karena konsep ini adalah suatu jalan tengah yang mampu mengakomodir tuntutan ekonomi, keseimbangan lingkungan, dan kesinambungan untuk energi masa depan. Dan kalau kita cermati, tidak banya sesungguhnya konsultan green building Indonesia yang dapat kita temukan. Karena untuk mampu menerapkan LEED Certification sejak mulai pembuatan konsep, perancangan, pembangunan, hingga evaluasi dan perawatan membutuhkan standarisasi internasional yang tidak mudah dicapai.

Proyeksi masa depan konsultan green building Indonesia sebenarnya sangat bagus. Karena sebagai negara berkembang, Indonesia masih akan terus membangun. Dan menimbang peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang berkembang secara eksponensial, pada akhirnya konsep green building ini akan menjadi wajib bagi seluruh kontraktor dan pengembang. Ke depannya, ini juga bisa menjadi nilai tambah dari bangunan atau gedung yang dibangun oleh developer sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi dan produktivitas finansial, baik bagi  pengembang maupun penghuni rumah atau bangunan tersebut.

Kebutuhan konsultan green building Jakarta lebih lagi, termasuk urgent. Ke depannya kita akan semakin melihat pembangunan kota-kota satelit di  sekitar Jakarta yang mau tidak mau, akan menggunakan konsep  green building. Para pengembang dan kontraktor yang tidak  menggunakannya, akan ketinggalan oleh kompetitor yang memfokuskan diri  pada konsep hunian yang smart, green, adaptive, dan comfort.

Selanjutnya, tidak hanya di Jakarta, kota-kota besar di Indonesia akan mengikuti dan mengadopsi sistem bangunan yang nyaman, adaptif, ramah lingkungan, dan berteknologi tinggi ini. Saat itu konsultan green building Indonesia mungkin sudah cukup banyak, dan konsep green building sudah digunakan hingga dalam lingkup yang lebih kecil seperti  rumah tapak yang biasa disebut smart home. Sungguh masa depan yang menyenangkan bukan? Saatnya bagi Anda sekarang untuk melangkah mendahului mereka semua dalam mewujudkan smart, green, adaptive, and comfort building.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *