´╗┐Regopantes, Sebuah Layanan Jual Beli Buah Segar yang Langsung dari Petani

Regopantes, Sebuah Layanan Jual Beli Buah Segar yang Langsung dari Petani. Regopantes merupakan layanan jual beli produk segar langsung dari petani untuk pembeli. Wim Prihanto yang menjadi inisiator terhadap layanan ini. Ide awal Wim untuk mendirikan Regopantes tersebut bermula ketika ia menjadi dosen mata kuliah technopreneurship di Universitas Multimedia Nusantara. Memiliki latar belakang jurusan pertanian, maka Wim banyak berinteraksi dengan teman-teman sejurusan dan menemukan masalah yang dialami oleh para petani. Salah satunya adalah harga jual hasil tani yang terlalu sangat rendah ke tengkulak sehingga merugikan para petani.

Jual Beli Buah Segar

Adanya permasalahan seperti ini maka dibuatlah aplikasi Regopantes agar para petani mendapat harga yang lebih pantas untuk mereka. Wim juga mengaku petani mendapat harga 3 sampai 4 kali lebih tinggi ketimbang menjual produk mereka ke tengkulak. Sementara itu untuk para konsumen, maka Wim menjanjikan harga yang lebih murah dari harga swalayan dan beberapa pasar tradisional lainnya yang sudah mereka survei.

Regopantes telah hadir untuk Anda dalam bentuk aplikasi dan situs. Namun, saat ini aplikasinya hanya ditujukan untuk petani sedangkan situsnya ditujukan untuk pembeli. Menurut Wim, sasaran konsumen yang ingin diraih dengan layanan Regopantes adalah mereka yang ada di wilayah Jabodetabek terutama yang peduli dengan masalah sosial seperti nasib para petani.

Regopantes itu memiliki 4 tingkatan kualitas antara lain biasa, kualitas khusus atau spesial, kualitas organik dan kualitas fair trade. Produk dengan kualitas biasa merupakan produk yang ditanam petani apa adanya. Ketika para petani tersebut menjual ke Regopantes, syaratnya hanya tidak boleh rusak, busuk, dan cacat. Kualitas khusus atau spesial disematkan pada semua produk yang ditanam dengan metode organik, namun dalam hal ini petani belum memiliki sertifikasi. Kualitas organik hanya bisa diklaim oleh para petani yang sudah memiliki sertifikasi pertanian organik. Sementara itu, untuk kualitas fair trade adalah kualitas yang lebih tinggi dari kualitas organik.

Para pembeli harap mengetahui akan hal ini, jangan harap waktu pengantaran yang instan ketika sudah membeli dari aplikasi ini. Sebab, barang baru bisa akan diantar dua minggu setelah pemesanan. Wim juga beralasan karena komoditas yang dijual di situs Regopantes ditawarkan dua minggu sebelum waktu panen. Saat hari panen tiba, maka sejak pagi para petani akan datang ke titik kumpul untuk membawa hasil panennya. Pengumpulan hasil tani ini biasanya dilakukan di kantor kelompok tani atau balai desa. Setelah proses pengecekan dan ditimbang selesai, maka sore hari hasil tani tersebut siap dibungkus dan dibawa oleh transporter ke daerah Jabodetabek. Regopantes biasanya menggunakan transporter independen untuk mendistribusi produk.

Hingga saat ini, Regopantes juga mengklaim telah merangkul sekitar 2.847 petani. Para petani tersebut tersebar di beberapa wilayah. Data para petani ini didapat dari bantuan pemerintah provinsi Jawa Tengah. Pemerintah Jawa Tengah memberikan subsidi pupuk kepada petani dalam bentuk Kartu Tani. Untuk mengendalikan kualitas produk dari para petani, awalnya petugas Regopantes datang tiap dua minggu sekali untuk mengecek kualitas hasil tani. Demi efisiensi, maka pengecekan lantas dilakukan oleh perwakilan dari kalangan para petani. Sementara itu para petani dibekali penyuluhan mengenai kualitas produk yang diinginkan oleh konsumen.

Aplikasi Regopantes ini sebenarnya memberikan keuntungan buat para petani. Namun pihak Regopantes sedikit kesulitan untuk mensosialisasikan layanan ini ke kalangan para petani karena mereka enggan untuk menggunakan ponsel pintar. Mereka sudah merasa cukup dengan menggunakan ponsel yang biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *