Enam Alasan Perlunya Melakukan Maintenance pada Website Anda

Bagi para developer website yang sudah ahli di bidangnya, tentu maintenance website adalah hal yang sudah biasa dilakukan karena mereka paham pentingnya pemeliharaan sebuah website. Namun bagi para awam atau mungkin Anda belum paham mengenai hal ini, ada baiknya mengetahui beragam alasan melakukan maintenance website. Hal ini dimaksudkan agar Anda dan para pengguna situs website lain yang belum ahli, tetap bisa menjaga jalannya website.

  1. Google lebih selektif dalam menampilkan konten

Mengingat bahwa sekarang makin banyak website dan konten yang bermunculan, google sebagai penguasa layanan pencarian website, harus lebih selektif dalam menampilkan hasil pencarian. Untuk membuat website Anda dikenali google, maka diperlukan teknik penyajian konten yang disebut sebagai Google Friendly / SEO.

  • Diperlukannya informasi yang terus up to date di website Anda

Bila Anda memiliki visitor yang setia mengunjungi website Anda lagi dan lagi, maka konsekuensi yang dimiliki adalah memastikan selalu ada konten baru di website. Setidaknya, dalam dua hari, Anda bisa menyajikan sebuah konten baru. Hal ini akan sangat diperlukan bagi Anda yang menargetkan memiliki pengujung website yang loyal.

  • Perlunya menyiapkan back-up data website

Alasan melakukan maintenance website adalah untuk mengantisipasi terjadinya keadaan yang membahayakan website seperti virus atau peretasan. Anda perlu melakukan back-up data website secara berkala. Hal ini akan menyelamatkan website dari hilangnya semua data atau sejenisnya. Back-up data website idealnya dilakukan paling lamban setiap seminggu sekali, dan senantiasa dipisahkan dengan data utamanya untuk mencegah bombardir pada file Anda.

  • Waspada terhadap peretasan

Dengan masalah yang hampir sama dengan point sebelumnya, guna maintenance website adalah untuk mendeteksi dan mengontrol adanya penyusupan virus ke dalam server. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kerusakan berbahaya pada website Anda yang bisa berakibat pencurian data. Maintenance website akan memonitor segala script yang dinilai berbahaya pada server web.

Itulah beberapa alasan melakukan maintenance website dimana merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini akan sangat mempengaruhi performa website Anda untuk mendapatkan serta mempertahankan pengunjung-pengunjung yang loyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *