4 Makanan Khas Surabaya yang Menggoyang Lidah


4 Makanan Khas Surabaya yang Menggoyang Lidah! Kota Pahlawan tidak hanya terkenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Saat berkunjung ke Surabaya jangan sampai melewatkan kuliner yang sudah menjadi ikon kota ini. Anda akan mudah menemukan kuliner ini karena memang sudah sangat populer di kota yang baru saja menang penghargaan Guangzhou ini. Berikut empat kuliner khas Surabaya yang bisa Anda coba.

Makanan Khas Surabaya
Makanan Khas Surabaya

1. Rujak Cingur

Setiap menyebut kota Surabaya, rasanya akan familiar dengan nama kuliner yang satu ini. Rujak cingur memang sudah lama menjadi makanan khas Surabaya yang wajib dicoba. Makanan yang berasal dari campuran sayuran, lontong, dan tentu saja cingur atau bagian hidung dari sapi. Semua bahan tersebut diberi sambal yang terbuat dari petis dan pisang kepok muda. Anda bisa mendapatkan kuliner ini baik di warung pinggir jalan hingga di dalam mall.

2. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya yang satu ini terbuat dari lontong dan tauge serta lentho (campuran kacang merah yang dibulatkan). Anda bahkan bisa menemukan penjaja kuliner ini yang berkeliling memasuki kampung ke kampung. Lontong balap banyak juga ditemui di dekat pantai Kenjeran. Kelezatan makanan ini terdapat pada petis yang dicampurkan pada kuah taugenya.

3. Pecel Semanggi

Daun yang khas ini hanya ditanam oleh para penjual pecel semanggi saja. Makanan khas Surabaya ini mulai punah karena keberadaan daun semanggi yang semakin jarang. Namun, Anda masih bisa menemukan penjual pecel semanggi di beberapa titik di Surabaya seperti di Taman Bungkul dan Taman Suroboyo.

4. Rawon Setan

Makanan khas Surabaya berkuah hitam ini semakin populer sejak para Youtuber dan pencinta kuliner menyerbu warung Rawon Setan yang ada di Embong Malang. Hal yang menjadi makanan ini sangat unik yaitu namanya yang diakhiri dengan kata ‘setan’. Banyak yang mengiri makanan ini bercita rasa pedas, namun sebenarnya Rawon Setan memiliki rasa yang gurih dan sangat lezat.

5. Tahu Tek

Makanan ini hampir sama dengan rujak cingur yang memakai petis sebagai titik kelezatannya. Namun tahu tek hanya terdiri dari lontong, tahu, dan tauge yang disiram dengan bumbu petis. Bumbunya sendiri dibuat dengan cara diulek langsung saat ada yang pesan. Jadi, makanan khas Surabaya ini sangat fresh.

Jika Anda berkunjung maupun mampir ke Surabaya jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan khas Surabaya yang sangat lezat ini. Jangan khawatir semua makanan di atas memiliki harga yang sangat terjangkau. Anda bisa menikmatinya langsung bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *