andreasite

Belajar Bahasa Indonesia Dasar

Posted: December 6th 2018

Belajar Bahasa Indonesia Dasar! Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan untuk membuat manusia bisa mengungkapkan perasaan atau gagasan yang ada pada dirinya. Semua bahasa sangat penting bagi semua manusia yang berhubungan social, salah satunya adalah bahasa indonesia.

Belajar Bahasa

Belajar Bahasa

Bahasa indonesia merupakan bahasa nasional Negara Indonesia, cara pelafalannya cukup mudah karena diucapkan sesuai dengan bunyi huruf/fonemnya. Kebanyakan dari siswa memiliki nilai bahasa Indonesia yang tinggi karena dianggap lebih mudah dibandingkan dengan bahasa lainnya.

Meski tak dipungkiri juga masih banyak dari sebagian siswa yang masih memiliki nilai rendah dalam pelajaran ini.Mungkin ini dikarenakan mereka tidak suka dengan pelajaran bahasa indonesia atau guru yang mengajarnya. Ada beberapa cara efektif yang dapat guru gunakan  dalam mengajari siswa <a href=”https://www.apaarti.com/”>belajar bahasa indonesia dasar</a>.

  1. Anda bisa mengajari mereka untuk melafalkan huruf-huruf yang ada, ini karena pelafalan bahasa indonesia sesuai dengan fonem yang ada.
  2. Selanjutnya anda bisa meminta mereka untuk menghafal beberapa kata dasar dalam bahasa indonesia yang sering digunakan. Atau membiasakan mereka untuk berbicara bahasa indonesia yang baik dan benar di kegiatan setiap harinya.
  3. Buat pembelajaran bahasa indonesia dengan semenyenangkan dan semenarik mungkin, agar siswa tidak merasa monoton sehingga mereka cepat merasa bosan.
  4. Anda bisa menggunakan teknik peran. Anak-anak biasanya suka dengan dongeng-dongeng, buat mereka menjadi tokoh dalam dongeng tersebut. Dan saat memerankan tokoh kita bisa memanfaatkannya untuk belajar bahasa indonesia, dengan berdialog dengan lawan mainnya. Ini akan membuat guru tahu sekaya apa anak-anak dalam kata-kata dasar bahasa indonesia.
  5. Gunakan teknik wawancara, ini bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa indonesia yang melibatkan berbagai jenis ketrampilan salah satunya adalah dengan berbicara. Dengan menggunakan teknik yang satu ini membuat mereka para siswa harus kaya akan kata-kata dasar bahasa indonesia, sehingga dengan teknik ini membuat mereka menjadi lebih terpancing untuk mengapal dan mempelajari bahasa indonesia lebih banyak dan lebih rajin lagi.
  6. Teknik selanjutnya yang bisa guru terapkan adalah dengan menggunakan teknik penyelesaiain. Ini sangat cocok untuk diterapkan, karena mereka akan dipaksa untuk berargumentasi dengan menggunakan bahasa yang baik.
  7. Berikutnya guru bisa menerapkan pembelajaran diluar kelas. Contohnya dengan meminta siswa untuk berkeliling sekolah, untuk kemudian memintanya untuk mennceritakan apa yang dia lihat dengan sebuah tulisan tentunya dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Ini bisa memperkaya kata-kata dasar bahasa indonesia bagi para siswa.
  8. Biarkan siswa bertanya. Dengan membiarkan mereka bertanya akan bahasa indonesia yang tidak mereka mengerti untuk kemudian menuntut jawaban dari gurunya ini bisa membuat mereka semakin percaya diri menggunakan kata-kata dasar dalam bahasa indonesia tanpa takut salah.
  9. Berikan hadiah kepada mereka yang semakin hari semakin bertambah jumlah kata-kata dasar bahasa indonesia yang mereka kuasai. Guru bisa melihatnya saat siswa-siswi mengerjakan tugasnya. Anda bisa memberikan tabel bintang untuk membuat mereka lebih antusias dalam belajar bahasa indonesia.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam mengajari siswa belajar bahasa Indonesia dasar yang baik dan benar, agar setiap harinya siswa dapat menambah kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Untuk anda yang membutuhkan lebih banyak lagi informasi mengenai mengajari anak seperti mengajari anak menghitung, menulis, dan membaca, bisa langsung kunjungi  cco_online@yahoo.com yang memiliki beberapa artikel lainnya mengenai cara mengajari anak dalam membaca, menulis dan juga menghitung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php