andreasite

Sistem Mesin Kasir Serta Kelebihan Dan Kekurangannya.

Posted: September 6th 2018

Sistem Mesin Kasir Serta Kelebihan Dan Kekurangannya! Mesin POS memiliki banyak manfaat untuk bisnis yang kita jalankan. Jika perkembangan bisnis Anda semakin bagus. Dan Anda berpikir untuk meningkatkan software kasir lama Anda. Ada berbagai jenis mesin kasir. Selain itu terdapat juga merk dan model yang perlu dipertimbangkan.

Mesin Kasir

Mesin Kasir

Mesin Kasir yang Anda gunakan dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Itu tergantung pada kualitas model yang Anda pilih. Anda dapat menggunakan mesin POS kurang lebih 10 tahun. Untuk dapat dipakai dalam menjalankan usaha bisnis Anda.

Ada berbagai macam jenis mesin kasir yang dapat Anda gunakan sebagai alat bantu dalam bisnis Anda. Bahkan model dengan harga lebih murah pun memiliki fungsi yang sama dalam membantu bisnis-bisnis kecil.

Jenis mesin POS yang Anda pilih haruslah dengan kualitas yang sesuai.Meskipun ada berbagai jenis model mesin kasir, sebagian besar sistem kasir masuk ke dalam tiga kategori yaitu cash register elektronik (ECR), Sistem Komputerisasi, dan MPOS.

Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Masing-Masing Jenis Mesin Kasir Tersebut?

Seringkali model Mesin Kasir elektronik sudah memiliki fungsi penghitungan pajak atau tombol yang disetel sebelumnya untuk  meningkatkan efisiensi. Model ini cenderung lebih handal karena tidak bergantung pada baterai untuk beroperasi. Akan tetapi, salah satu kelemahan model jenis ini adalah pekerjaan Anda bergantung pada akses stopkontak listrik.

Namun, seiring kemajuan teknologi pembayaran yang semakin meningkat. Hal ini membuat Electronic Cash Register kurang digunakan. Pemilik usaha kecil memilih menggunakan Mesin Kasir dengan Jenis Electronic Cash Register berbasis baterai.  Hal ini adalah opsi yang cerdas untuk bisnis yang baru saja dimulai.

Karena mobilitas dan fitur yang terbatas pada kedua jenis sistem Mesin Kasir, model pendaftaran elektronik hanya cukup sebagai solusi jangka pendek. Electronic Cash Register dapat digunakan untuk akses ke teknologi pembayaran yang menyediakan pencatatan yang akurat.

Pada bisnis kecil biasanya menggunakan Sistem Komputerisasi dari Mesin Kasir.  Sistem kompeterisasi dapat digunakan untuk Sistem Penjualan dan Titik penjualan sistem terkomputerisasi (POS). Sistem ini  lebih sering disebut sebagai terminal POS. Terminal POS adalah versi yang lebih canggih dari mesin kasir elektronik tradisional.

Sistem-sistem dalam sistem POS ini, biasanya berjalan pada komputer PC leverage. Aplikasi perangkat lunak POS yang memungkinkan pedagang untuk mencatat penjualan, informasi pelanggan, tingkat persediaan, dan data lain yang meningkatkan pelacakan bisnis dan meningkatkan pengambilan keputusan. Kelemahan dari sistem Mesin Kasir ini adalah bahwa perangkat lunak biasanya sudah dikonfigurasikan sebelumnya. Hal ini  membuat mereka rentan terhadap crash, perbaikan, dan biaya pemeliharaan yang konstan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai sistem Mesin Kasir yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda dapat memilih kualitas yang terbaik dari mesin kasir yang akan anda gunakan. Akan tetapi yang perlu anda perhatiakan adalah sistem perawatan mesin kasir anda. Semakin baik Anda melakukan perawatan terhadap mesin kasir Anda maka mesin kasir Anda akan bertahan lama dan dapat digunakan dengan maksimal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php