Yoshua Andrean

Wireless and Mobile

Posted: November 14th 2012

Wireless dan Mobile

Hai teman-teman , kali ini aku mau ngebahas materi PTI ku minggu ini tentang wireless dan mobile. Tentu kita sering dengar kan kata2 itu :) . Wireless sendiri memiliki arti tanpa kabel atau nirkabel, sedangkan mobile sendiri memiliki arti dapat berpindah-pindah. Dulu wireless dan mobile berdiri sendiri-sendiri, tapi seiring perkembangan jaman, wireless dan mobile tidak bisa dipisahkan, artinya wireless dan mobile merupakan satu kesatuan.

Okey sekarang kita bahas wireless terlebih dahulu. Wireless atau nirkabel tentu memiliki suatu perangkat yang disebut Perangkat Wireless artinya perangkat tersebut dapat melakukan komunikasi secara nirkabel dengan inernet atau perangkat lain yang wireless. Contoh dari perangkat wireless adalah PDA, Hand phone, Smart phone dan msih banyak lagi. Selain perangkat wireless, terdapat juga beberapa teknologi yang digunakan dalam wireless , antara lain :

Wireless Aplication Protocol (WAP)

WAP adalah protocol yang digunakan oleh wireless. WAP biasanya terdapat pada perangkat mobile yang berukuran layar kecil atau dispaly nya kecil sehingga WAP mengatur bagaimana perangkat mobile yang kecil dapat melakukan fungsi yang sama dengan desktop. Selain itu, WAP juga harus melakukan distribusi memori karena memori yang digunakan oleh perangkat mobile lebih kecil.

Microbrowser

Microbrowser adalah browser yang digunakan untuk piranti mobile yang memiliki keterbatasan akses untuk web. Contoh dari microbrowser adalah opera mini.

Pager

Pager adalah alat komunikasi satu arah tanpa kabel yang pernah terkenal pada jaman sebelum internet. Semakin tingig satelit, maka area cakupannya juga lebih besar.

Lalu wireless pun membutuhkan media untuk mentransmisikan suatu informasi atau data, media wireless yang akan saya kenalkan antara lain :

Microwave Trasmition System:

Microwave transmition system adalah cara pentransmisian data dengan gelombang microwave yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh yang luas. Pentrasimisian data dengan microwave adalah transmisi point-to-point. Media ini harus line of sight yang artinya kedua pihak yaitu pengirim dan reciever sama-sama harus mengetahui posisi masing-masing atau terlihat satu sama lain.

Satelit

Satelit adalah perangkay komunikasi yang dikirim ‘keluar’ untuk mengorbit bumi. Satelit juga harus line of sight. Ada 3 tipe satelit, yaitu:

–          Low Earth Orbit(LEO) jaraknya sekitar 400-700 mil dari permukaan bumi, dan biasanya digunakan untuk komunikasi telpon.

–          Medium Earth Orbit(MEO) jaraknya sekitar 6000 mil dari permukaan bumi. Sering digunakan untuk mencari posisi dengan GPS.

–          Geostationary jaraknya sekitar 22300 mil diatas permukaan bumi. Sangat baik untuk sinyal TV.

Nah disini aku dikenalin istilah-istilah baru tentang satelit nih kaya misalnya Footprint itu area satelit yang bisa dijangkau, trus Broadcast Transmission itu artinya bisa mentransmisikan ke banyak perangkat, trus Propagation Delay itu rentan waktu yang muncul akibat transmisi satelit ke reciever.

Lalu ada Wireless System Network, IEEE adalah standart dari Wireless System Network, yang termasuk di dalam Wireless System Network adalah Bluetooth, Infrared, Zigbee, WLAN yang lebih kita kenal Wi-fi, dan Wi-max .

Ada juga beberapa ancaman yang dapat menyerang wireless misalnya :

– Rogue Access Point

Rogue Access Point adalah jaringan berupa individu yang berpura-pura menjadi access point, jadi jaringannya akan berbelok.

– War Driving

War driving berarti akses point yang dibuat bergerak.

– Eavesdropping

Eavesdropping adalah user yang seharusnya tidak berhak mengakses jaringan, tetapi masih melakukan akses dengan cara illegal.

– Jamming

Jamming adalah akses jaringan hanya untuk diri sendiri. Jadi, orang lain menjadi tidak bisa mengakses jaringan tersebut.

Tetapi ada juga usaha untuk mengamankan akses wireless misalnya :

  1. Dengan mendeteksi akses yang tidak seharusnya dilakukan.
  2. Memblock SSID, jadi pengguna harus mengetikan secara manual nama jaringan nirkabel kita.
  3. Dengan menggunakan enkripsi.

Sekarang kita bahas Mobile, yang kita bahas kali ini adalah Mobile Computing dan Mobile Commerce.

Mobile Computing

Mobile Computing adalah perangkat yang dapat melakukan komputasi sambil ‘bergerak’. Mobile Computing awalnya dari sempoa(abacus), lalu berkembang ke kalkulator, dan berbagai perangkat mobile jaman sekarang. Mobile Computing juga dapat mengakses WiFi. Mobile Computing memiliki ciri-ciri :

–          Mobilitas   : pengguna dapat membawa perangkat mobile kemanapun dia mau.

–          Broad Reach : pengguna dapat dijangkau dengan mudah saat dia membawa perangkat mobilenya.

Mobile Computing juga memiliki beberapa keuntungan yaitu kenyamanan, instan konektivitas, ubiquity, lokalisasi produk dan jasa dan masi banyak lagi.

Mobile Commerce

Seiring dengan perkembangan mobile computing, dampak yang sama mempengaruhi bisnis dengan E-Comerce. Lama-kelamaan, transaksi online dapat dilakukan dengan perangkat mobile.

Aplikasi dari mobile commerce misalnya  Financial Services, Mobile Banking, Wireless Electronic Payment Systems, Micropayments, Mobile (Wireless) Wallets, Wireless Bill Payments.

Keuntungan dari mobile commerce yang paling dirasakan adalah kemudahan dan fleksibilitasnya yang tinggi, dimanapun dan kapanpun kita dapat melakukan transaksi menggunakan mobile, tentunya ini tidak membutuhkan PC sama sekali.

Nah itulah sekilas dari materi PTI di pertemuan ku kali ini, mudah-mudahan kita dapat lebih mengerti tentang apa itu sebenarnya wireless dan mobile. Terima kasih :)

by : Yoshua Andrean


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php