Yoshua Andrean

Ethics Impact And Security

Posted: November 6th 2012

Dampak Etika IT dan Keamanannya

Hai teman-teman , kali ini aku mau ngebahas materi PTI ku minggu ini tentang etika dalam IT. Nah pasti kita sering denger kan kata Etika, menurut kalian etika itu apa sih? Etika itu Ilmu tentang moralitas manusia, nah tujuan etika itu mengajak manusia untuk berpikir kritis dan mempertanggungjawabkan perilakunya. Etika tuh dapat diatur oleh sekumpulan orang dan oleh aturan tertentu.

Dalam IT etika itu ada beberapa tipe antara lain Privasi, berkaitan dengan mengumpulkan, menyetorkan dan mensharingkan data kepada sesama misalnya daam suatu perusahaan hanya orang2 dalam perusahaan yang dapat mengakses data perusaahn itu . Akurasi , berkaitan dengan keakuratan suatu data dan keotentikan data, jadi disini keakuratan data itu didapat atau sumber dimana data itu didapat valid ato tidak. Properti, berkaitan dengan intelektual property dan bagaimana mereka memberikan kompensasi itu misalnya adalah  lisensi yang dipakai suatu produk. Aksesbility, berkaitan dengan siapa yang dapat mendapatkan atau mengakses informasi.

Dalam kuiah kali ini dikenalkan juga beberapa istilah istilah misalnya Trade Secret yaitu informasi tentang seseorang yang tidak aman untuk disharingkan, lalu Copyright yaitu hak eksklusif untuk mengkopi, reproduce atau mensharekan suatu produk, biasanya berlaku 50 tahun, lalu Patent  adalah hak eksklusif yang diberikan orang yang menciptakan produk selama 20 tahun.

Sekarang ini memasuki jaman dimana suatu organisasi mulai menggunakan semua teknologi dalam  system organisasi mereka, tentunyahal ini  akan mengurangi tenaga-tenaga manusia yang tidak dibutuhkan, satu demi satu tenaga kerja dikurangi agar aliran data dalam organisasi itu menjadi lebih cepat karena mempertimbangkan  kesalahan manusia lebih besar daripada kesalahan mesin. Salah satu pekerjaan yang dapat tereliminasi misalnya adalah travel agents, dengan adanya teknologi jasa dari travel agents serasa sudah tidak dibutuhkan.

Dengan adanya teknologi, manusia semakin kurang dalam bersosialisasi dengan orang lain.  Manusia lebih bekerja secara individu tanpa bergantung dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini perlu introspeksi diri dari masing-masing individu bahwa pentingnya kita dalam berinteraksi dengan orang lain untuk membangun network semakin luas.

Di dal suatu Sistem Informasi dibutuhkan keamanan agar dapat tetap dapat bekerja secara optimal. Namun SistemInformasi judapat mendapat ancaman, misalnya ancaman yang dating secara tidak sengaja yaitu dari :

1.  Orang yang menggunakan (Human Eror)

2.  Lingkungan misalnya Bencana Alam

3.  Kesalahan dari computer itu sendiri (cacad produk)

Lalu juga bisa dari sebuah serangan dari pihak yang tidak bertanggungjawab misalnya Hacker.

Komputer juga dapat menjadi target kejahatan, misalnya yang paling dijumpai adalah Gangguan data, bias juga melalui virus yang menyerang computer.

Oleh kana itu perlu adanya perlindungan IT. Nah dalam perlindungan IT ada beberapa strategi-strategi yaitu :

1. General strategi perlindungan :

–          Menjaga keamanan fasilitas dan sumber daya secara Fisik

–          Mengontrol akses ke system

–          Melindungi data dari akses yang tidak sah

2. Aplikasi kontrol strategi :

–          Memastikan kualitas input

–          Memverifikasi kualitas pengolahan

–          Menjamin kualitas dan aksesibilitas output

3. Jaringan strategi pengendalian :

–          Mengontrol akses ke sumber daya jaringan

–          Meliindungi data pada jaringan dengan enkripsi

–          Memantau dan mendeteksi penyusup

–          Melindungi dengan firewall

4. Memverifikasi kualitas melalui audit :

–          Mengevaluasi catatan dan prosedur secara Reguler

–          Dapat dilakukan oleh auditor internal dan eksternal

Nah itu materi PTI di pertemuan ku kali ini, apapun yang terjadi kita harus menggunakan Teknologi untuk keperluan yang benar, sebisa mungkin kita sebagai generasi muda berjuang untuk memberantas berbagai kejahatan yang berhubungan dengan bidang IT.

by : Yoshua Andrean


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php