Yoshua Andrean

Telecommunications and Networks

Posted: October 11th 2012

Telekomunikasi dan Jaringan

Hai teman-teman :) , kali ini aku mau ngereview materi PTI minggu ke 6 nih tentang Telekomikasi dan Jaringan. Pertama-tama aku dikenalkan dengan komunikasi yang ada di komputer yang biasa disebut computer communicationComputer Communication sendiri adalah proses yang melibatkan 2 atau lebih komponen ata device yang mampu mentransfer data atau instruksi dan informasi , lalu dapat digunakan untuk berbagi sumber daya. Dalam suatu sistem telekomunikasi, tentu membutuhkan komponen-komponen telekomunikasi agar telekomunikasi dapat berjalan dengan baik. Komponen Telekomunikasi itu adalah :

1.  Hardware

Hardware disini dikenal sebagai processor telekomunikasi, misalnya adalah modem (mengubah sinyal digital ke analog atau sebaliknya), multiplex (mentransmisikan beberapa sinyal dalam satu media), dan Front End Processor (merupakan otak dari telekomunikasi)

2.  Media

Media komunikasi sangat dibutuhkan dalam suatu telekomunikasi, tanpa adanay media komunikasi, telekomunikasi tidak akan dapat berjalan. Contoh media komunikasi antara lain Twisted pair wire, Kabel Coaxial, Kabel Fiber Optic, Microwave, Satellite, Radio, Infrared dan lain-lainya.

3.  Network

Dalam suatu telekomunikasi, Network dibutuhkan untuk menghubungkan baik media, software maupun hardware komunikasi. Ada beberapa lingkungan Network yang kita kenal yaitu LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network)

4.  Software

Software dibutuhkan dalam telekomunikasi karena memiliki beberapa fungsi yaitu mengecek akan adanya eror, memastikan keamanan data dan privasi, serta menyediakan terjemahan pesan telekomunikasi.

5.   Provider

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi .

6.   Protocol

Protocol merupakan  aturan komunikasi data agar bisa di tampilkan. Jenis protocol yang kita kenal antara lain Ethernet dan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP-IP)

Dalam suatu telekomunikasi, tentu membutuhkan apa yang disebut dengan sinyal. Sinyal sendiri dibagi menjadi 2 yaitu sinyal analog yang berbentuk gelombang kontinyu dan sinyal digital yang berbentuk discrete.

Jadi ringkasan atau hal-hal yang saya dapatkan pada kuliah Pengantar Teknologi Informasi kali ini adalah :

  • Komponen dari sistem Telecomunikasi
  • Jenis media komunikasi yang digunakan dalam sistem Telecomunikasi
  • Jenis jaringan pada Telekomunikasi

Itulah materi secara garis besar yang aku dapatkan pada mata kuliah PTI pertemuan ke 6 kali ini. . Sekian review materi kali ini,  Terima Kasih :)

by  : Yoshua Andrean


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php