Yoshua Andrean

Managing Data and Information

Posted: October 4th 2012

Mengelola Data dan Informasi

        Hai teman-teman :) , apakah kalian pernah mendengar kata Data ? Pastinya pernah dengar tentuya. Data sendiri merupakan kumpulan fakta yang dikumpulkan dan diorganisasikan. Nah di dalam suatu sistem informasi, terdapat banyak sekali data, oleh karena itu pengelolaan terhadap data-data tersebut sangatlah penting agar data dapat digunakan maupun diatur dengan benar dan mudah. Sebelum itu, kita harus mengerti terlebih dahulu hirarki atau susunan dalam suatu data. Hirarki data adalah sebagai berikut :

Database  terdiri dari beberapa File , sedangkan File terdiri dari beberapa Record , sedangkan Record terdiri dari beberapa Field , sedangkan Field terdiri dari beberapa karakter.

Kita akan bahas satu persatu dari hirarki data tersebut :

1. Database merupakan grup logic kumpulan beberapa file

2. File merupakan grup logic kumpulan dari beberapa record

3. Record merupakan grup logic kumpulan dari beberapa field

4. Field merupakan kumpulan dari beberapa karakter yang membentuk suatu word atau number dan field merupakan data terkecil.

        Jadi jika kita lihat hirarki tersebut, bisa dibilang database mencakup baik File, Record maupun data terkecil yaitu Field. Dalam Field terdapat beberapa istilah yang harus kita mengerti seperti Field Size (banyaknya Field yang dapat ditampung) , Field Name (identitas unik setiap Field) , Data Type (jenis data yang dikandung field) misalnya teks, date&time, numeric, menu, dapet, object, hyperlink .

Lalu ada beberapa istilah juga yang harus kita mengerti seperti

  • Prymary key        : merupakan identitas unik Field pada Record
  • Secondary key    : merupakan suatu identitas Grup
  • Entity                      : merupakan deskripsi dari  Records
  • Attribute               : Merupakan deskripsi dari Fields

          Nah dalam mengakses suatu data pada database , ternyata penempatan data itu sendiri pada database dibedakan menjadi 2 yaitu secara terpusat (Centralized) dan terdistribusi (Distributed). Secara umum pada database terpusat, memiliki beberapa keunggulan yaitu dalam memanage dan pada saat maintenance lebih mudah karena semua file berada pada lokasi yang sama, tetapi memiliki kekurangan pula yaitu pada saat dijalankan, database terpusat lebih lambat dibandingkan data terdistribusi. Sedangkan pada database terdistribusi, memiliki keunggulan yaitu mengurangi beban akses dalam pengambilan data dan tentunya lebih cepat dibandingkan data terusat, tetapi memiliki kekurangan yaitu dalam maintenance atau merecovery database ini lebih sulit.

         Lalu kita juga dikenalkan pada DBMS yaitu Database Management System yaitu sebuah tools yang menyediakan akses ke database, fungsinya sendiri mengatur data-data itu diolah dalam database. Komponen DBMS sendiri antara lain Definition Language (DDL), Data Manipulating Language (DML), dan Data Dictionary. Ada pula keuntungan dari DBMS yaitu :

  • Meningkatkan integritas data
  • Meningkatkan akses data
  • Mengurangi inkonsistensi dan redundancy data
  • Mengurangi biaya pengembangan

Nah itulah review materi PTI minggu ke 5 tentang memanage data dan beberapa istilah tentang data , tentunya kita diharapkan kedepanya dapat mengembangkan lagi cara-cara atau tipe-tipe data yang dapat mempermudah atau memperkecil adanya kekurangan untuk kedepanya, karena tidak ada yang tidak mungkin di dalam dunia ini. Terima kasih :)

by : Yoshua Andrean


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php