Andi's Zone

~PASIR~

Posted: February 20th 2017

Mungkin banyak dari kita yang belum tentu tahu benar mengenai nilai ekonomi dari pasir… Barang sepele yang biasa dianggap remeh namun ternyata memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi apabila dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah.
Kopeng, Ketep Pass, Srumbung, Pasir Merapi, dsb, dari sekian banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang berada di wilayah Magelang mungkin hanya yang tersebut di atas yang baru di ekspose ke permukaan. Padahal Magelang yang notabene terletak diantara lima gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing,dan Sindoro) tentu terberkahi dengan SDA yang melimpah…
Entah kepekaan yang kurang terasah maupun keengganan dari pihak-pihak terkait, sehingga ketersediaan SDA di kab. Magelang belum tergarap secara menyeluruh.
Bisa kita bayangkan jika semua sumber daya alam yang tersedia dapat ter-realisasikan secara nyata,tentu akan memberikan dampak besar terhadap peningkatan ekonomi kearah yang lebih baik,perluasan lapangan kerja,memberikan ruang bagi para usaha kecil. Kemudian yang menjadi pertanyaan seberapa besar pemerintah dalam memikirkan dan mengembangkan SDA yang ada di Magelang untuk dapat benar-benar menjadi obyek wisata (wanawisata).
Contoh obyek yang dapat dikembangkan menjadi suatu tempat wisata antara lain Desa Bawang yang terletak di kecamatan Tempuran Magelang, yang memiliki potensi untuk dapat dijadikan sebagai wanawisata dengan daya tarik hutan pinusnya,contoh lain kecamatan Kaliangkrik dengan potensi wisata curuk/air terjun serta pesona alam yang memukau.
Inilah selintas info yang sekiranya dapat memberikan inspirasi bagi kita semua. Semoga menjadi referensi bagi anda dan pihak-pihak yang berkepentingan untuk ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php