Andi's Zone

Dont let them go T.T

Posted: December 5th 2016

Halo gaes, kalo beberapa waktu yang lalu udah kita bahas mengenai apa itu penyu belimbing.. Sekarang kita akan membahas mengenai upaya konservasi kedepan yang ingin saya wujudkan! Doakan ya.. Sebelum kita bahas rencana konservasi yang bakal penulis lakuin, kita bahas lagi dikit yuk mengenai penyu belimbing. Mungkin sering muncul dibenak kita mengapa sih penyu belimbing ini harus dikonservasi agar tidak punah? Jawabannya buanyak banget dan beberapa diantaranya adalah karena penyu belimbing merupakan penyu tertua yang telah ada sekitar lebih dari 150 juta tahun yang lalu!

Leatherback Sea Turte on beach nesting. Costa Rica.

Berikut akan saya beritahu beberapa fakta menarik mengenai penyu belimbing ini yaitu penyu belimbing mengkonsumsi hampir lebih dari dua kali masa tubuhnya sendiri, penyu ini memiliki papila juga seperti manusia tetapi gunanya untuk membantu menangkap mangsa seperti ubur-ubur atau cumi-cumi, pada dasarnya tempurung di punggungnya bukanlah karapaks! Melainkan kulit lembut yang dibalut oleh tulang matrix yang fleksibel sehingga memungkinkan penyu belimbing untuk menyelam ke laut dalam (lebih dari 1.200m!), distribusinya yang hampir keseluruh dunia dan kemampuannya dalam toleransi di laut yang bersuhu sangat dingin dikarenakan adaptasi thermoregulatory atau biasa disebut gigantothermy yang memperbolehkan penyu belimbing untuk mempertahankan suhu tubuh intinya….

Nah banyak banget kan fakta unik yang mungkin kamu belum tahu gaes? Bagi yang belum tahu penyu ini dikategorikan oleh IUCN Red List Threatened Species sebagai spesies yang terancam punah atau “Endangered”. Jadi wajib banget aturannya kalo spesies ini harus dikonservasi agar tidak punah. Permasalahan utama atau penting yang menyebabkan populasi spesies unik ini menurun drastis adalah karena memakan sampah plastik! Penyu akan mengira plastik yang mengambang adalah ubur-ubur, secara sengaja atau tidak sengaja tertangkap jaring kapal pencari ikan, daging dan telurnya yang sering diperjualbelikan untuk urusan ekonomi dan perut serta masih banyak lagi masalah yang tidak dapat dijelaskan semuanya karena terlalu banyak dan kompleks (halah bilang aja males wkwk).

Berdasarkan pertimbangan dari berbagai masalah yang dihadapi penyu belimbing untuk survive, maka penulis pun berencana untuk membantu konservasi spesies ini dalam bentuk aksi nyata yaitu dengan cara yang sederhana.. yaitu tidak membuang sampah terutama sampah plastik sembarangan karena bisa jadi sampah yang kita buang sampai kelaut dan dimakan oleh penyu T.T menggalang dana untuk membangun pusat konservasi baru dipantai yang sering dikunjungi oleh penyu belimbing namun belum ada upaya konservasinya serta memberikan pengetahuan edukasi melalui artikel di internet dan media sosial. Yahh meskipun terlihat sederhana namun butuh niat dan ketulusan hati dalam menjalankannya. Sekian dulu post dari saya ya guys, doakan agar tujuan mulia ini dapat terlaksana dan tidak terlupakan karena urusan tugas semata. Sampai ketemu di postingan saya selanjutnya ya, Ciao~


One response to “Dont let them go T.T”

  1. christin says:

    sudah sangat bagus, sebaiknya lebih detail yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php