Mari Berbagi Cerita!!!

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 11th 2012

Manajer memiliki tugas membuat keputusan untuk mencapai tujuan. Untuk itu, manajer memerlukan dukungan IT. IT bisa sangat  membantu karena informasi yang tersedia sangat banyak, pengelolaan informasi secara manual semakin sulit, dan komputerisasi bisa membantu manajer dalam mengelola informasi dan data yang kompleks.

Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, teknik yang dapat digunakan antara lain manual, dengan sensor dan peralatan, dan scanning atau electronic transfer. Sumber datanya bisa berasal dari internal, eksternal, maupun personal. Setiap data memiliki kualitas. Kualitas itu menentukan kegunaan data dan keputusan yang akan diambil berdasarkan data tersebut. Data yang berkualitas baik memiliki karakter akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan kosisten.

Dalam menyimpan data, bisa digunakan database, data warehouse, atau data mart. Dalam manajemen data, ada berbagai masalah yang muncul. Masalah-masalah itu antara lain adalah volume data yang terus meningkat, banyak metode dan alat mengumpulkan data, data mentah tersebar di banyak tempat, tidak semua data dibutuhkan, lebih banyak data eksternal, persyaratan yang berbeda terkait dengan data, kseulitan memilih data management tools, dan tuntutan keamanan, kualitas, dan integritas data.

Data dikumpulkan dengan tujuan memberi fondasi dasar untuk intelegensi bisnis. Semua data yang dibutuhkan berguna untuk pengambilan keputusan. Data-data itu dapat diambil dari data warehouse atau data mart dan diolah menggunakan tools penganalisa data. Dalam mengambil keputusan dari suatu data, perlu juga diperkuat dengan fakta, analisa, dan prediksi.

Dalam bisnis, peran IS sangat berguna bagi bagian eksekutif. IS bisa membantu memenuhi kebutuhan informasi eksekutif, mengakses data dengan cepat, berbasis tampilan grafik, user interface mudah dipahami, sering terkoneksi dengan layanan informasi online, dan terintegrasi dengan e-mail. EIS (Executive Information System) memiliki kemampuan untuk drill down, analisa tren, analisa permasalahan spesifik, exception reporting, berintegrasi dengan DSS (Decision Support System), dan akses web.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php