Mari Berbagi Cerita!!!

Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce

Posted: December 4th 2012

Wireless device berukuran cukup kecil sehingga praktis untuk dibawa dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas dan berkomunikasi dengan internet dan device lain secara nirkabel. Beberapa contoh wireless device adalah tablet, PDA, GPS, dan mobile phone. Untuk berkomunikasi dengan internet, wireless device bisa menggunakan microbrowser. Microbrowser merupakan browser internet berukuran kecil dengan penggunaan sedikit memory sehingga cocok untuk digunakan di wireless device.

Ada berbagai media transmisi wireless yang dapat digunakan. Beberapa contoh media itu antara lain microwave transmission, satellite transmission, footprint, broadcast transmission, dan propagation delay. Microwave transmission bersifat point-to-point dan memiliki jangkauan yang jauh. Ada tiga tipe satelit yang digunakan dalam satellite transmission yang berada pada orbit-orbit yang berbeda, antara lain geostationary (GEO), medium-earth-orbit (MEO), dan low-earth-orbit (LEO). Footprint merupakan area di permukaan bumi yang dicapai oleh transmisi satelit. Broadcast transmission memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke banyak penerima secara bersamaan. Propagation delay merupakan suatu jeda singkat dalam transmisi satelit GEO. GPS adalah salah satu sistem wireless yang menggunakan satelit dan berguna untuk memantau lokasi user di bumi.

Mobile computing bersifat real-time dan ada koneksi wireless antara mobile device dan lingkungan komputasi lainnya. Ada dua karakter utama mobile computing, yaitu mobilitas dan jangkauan luas. Beberapa nilai tambah yang didapat dari pemanfaatan mobile computing adalah pemakaian yang lebih private dan koneksi instan dan cepat. Mobile bisa juga dimanfaatkan untuk m-commerce yang merupakan pengembangan dari e-commerce. M-commerce merupakan e-commerce yang memanfaatkan aplikasi mobile. Aplikasi-aplikasi m-commerce yang dapat dimanfaatkan antara lain financial service, m-banking, wireless electronic payment system, micropayment, mobile wallet, dan wireless bill payment.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php