Mari Berbagi Cerita!!!

E-Commerce

Posted: November 27th 2012

E-Commerce adalah proses jual beli, pertukaran produk, layanan, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama interet. Pada awalnya e-commerce hanya terbatas pada perusahaan-perusahaan besar saja, tetapi sekarang sudah makin banyak orang yang menggunakan e-commerce untuk bisnisnya. Ruang lingkup e-commerce di masa kini adalah iklan, perbankan, jual beli berbagai macam barang, jual beli saham, pencarian pekerjaan, lelang, kolaborasi bisnis, dan customer service.

Ada tiga macam commerce, antara lain traditional commerce, pure e-commerce, dan partial e-commerce. Pada traditional commerce, segala sesuatunya berupa fisik, antara lain organisasinya, bisnisnya yang offline, dan adanya agen yang nyata secara fisik. Pure e-commerce sangat berkebalikan dengan traditional commerce, karena semua bidangnya bersifat digital. Partial e-commerce merupakan gabungan dari digital dan fisik. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang ada secara fisik, melakukan bisnis utama di dunia nyata, tetapi juga memanfaatkan media digital dalam penerapan bisnisnya. E-business sedikit berbeda dengan e-commerce karena e-business tidak hanya mencakup jual beli barang dan jasa, tetapi juga customer service, kolaborasi dengan mitra bisnis, dan melakukan transaksi elektronik dalam suatu perusahaan. Ada berbagai tipe e-commerce, antara lain business to business (B2B), collaborative commerce (c-commerce), business to consumer (B2C), consumer to business (C2B), consumer to consumer (C2C), intrabusiness, government to citizens (G2C), dan mobile commerce (m-commerce).

Saat ini, banyak orang memanfaatkan electronic marketplace dalam aplikasi e-commerce. Electronic marketplace ini memfasilitasi pertukaran informasi, barang, jasa, dan pembayaran. Salah satu masalah yang muncul adalah tentang kepercayaan agar tidak tertipu. Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang mengatasinya dengan menggunakan rekening bersama. Pembeli membyara melalui rekening bersama dan uang itu baru bisa diambil oleh penjual setelah pembeli menerima produk yang ia inginkan. Aplikasi e-commerce didukung oleh infrastruktur dan lima support areas, yaitu orang-orangnya, kebijakan publik, protokol dan technical standard, partner bisnis, dan support services.

Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dalam e-commerce, antara lain infrastruktur, mekanisme pembayaran elektronik, dan keamanan. Infrastrukturnya sendiri mencakup hardware, software, dan jaringan yang dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi. Mekanisme pembayarannya ada bermacam-macam, antara lain cek elektronik, kartu kredit elektronik, dan cash elektronik. Untuk keamanannya, dibutuhkan protokol tertentu dan enkripsi. Protokol yang bisa digunakan adalah Secure Socket Layer (SSL) Protocol dan Secure Electronic Transaction (SET) Protocol.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php