Mari Berbagi Cerita!!!

The Internet, Intranets, and Extranets

Posted: November 13th 2012

Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia. Dengan protokol-protokolnya, pertukaran informasi melalui internet sangat mudah. Internet menjadi wadah komunikasi demokratis bagi para penggunanya. Ada berbagai layanan yang ditawarkan oleh internet dan contohnya antara lain file transfer, web, e-mail, chat, message board, IM (Instant Messaging), dan message board. Pada masa kini internet banyak menghubungkan jaringan bisnis, organisasi, maupun lembaga pemerintah secara cepat. Di berbagai negara maju, biaya internet bisa dibilang murah. Tetapi, di berbagai populasi, contohnya di Indonesia, biaya penggunaan internet masih tergolong mahal. Sering kali hukum, kebijakan, budaya, adat, dan politik menghambat tingkat adopsi internet. Kedemokratisannya menjadi dipertanyakan karena adanya hambatan-hambatan itu. Sebagian konten di internet berasal dari Amerika Serikat karena sebenarnya di sanalah tempat pertama kali internet diciptakan dan diluncurkan. Sebagian besar situs internet pun menggunakan bahasa Inggris.

Aliran paket informasi antar komputer diatur oleh protokol, antara lain IP (Internet Protocol) dan TCP (Transfer Control Protocol). Pesan yang dikirim didekomposisi menjadi paket-paket yang masing-masing berjalan secara independen dan bisa melalui rute yang berbeda. Paket-paket itu mengandung bagian dari pesan yang dikirimkan, informasi tentang pengiriman dan penerimaannya, dan dan bagaimana paket-paket itu terelasi satu dengan yang lain. Pada akhirnya, paket-paket itu akan disusun kembali menjadi suatu pesan utuh yang diterima oleh si penerima pesan. Setiap komputer pada internet memiliki IP address. Karena IP address merupakan identitas yang bersifat unik, maka tidak ada komputer yang memiliki IP address sama dengan komputer lainnya. Sebagian besar komputer memiliki nama domain. Pada masa kini, sudah banyak situs yang menyediakan layanan pendaftaran domain. Untuk mengakses internet, bisa melalui LAN server,  Serial Line Internet Protocol/Point Protocol, dan online service.

Intranet merupakan jaringan private yang menggunakan aplikasi internet dengan protokol TCP/IP. Intranet menyediakan akses yang mudah untuk golongan internal dari suatu perusahaan atau lembaga tertentu. Keamanannya menjadi perhatian utama dan salah satu alasannya adalah untuk menjaga rahasia perusahaan, sehingga tidak bocor ke luar perusahaan. Sedangkan Extranet merupakan perluasan dari intranet untuk saling terkoneksi dengan partner bisnis di luar perusahaan seperti supplier, distributor, dan key customer. Dengan pemanfaatan extranet, mereka bisa berkolaborasi dengan lebih cepat karena kemudahan aksesnya. Security extranet sangat penting untuk mencegah adanya entry data yang tidak diinginkan ke dalam sistem internal perusahaan. VPN (Virtual Private Network) sering digunakan demi peningkatan security. Dengan extranet, biaya komunikasinya rendah, komunikasi lebih baik, dan bisnis pun menjadi lebih efektif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php