Mari Berbagi Cerita!!!

Telecommunications and Networks

Posted: November 6th 2012

Komunikasi adalah proses dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis yang saling mengirimkan data, perintah, dan informasi. Sedangkan sistem telekomunikasi merupakan hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Komponen-komponen dari sistem telekomunikasi antara lain hardware, software, media, jaringan, protokol, aplikasi, dan data communication provider. Sinyal telekomunikasi ada dua macam, yaitu analog dan digital. Gelombang sinyal analog bersifat kontinu dan informasi disampaikan melalui perubahan amplitudo dan frekuensi gelombang. Gelombang sinyal digital berupa denyut dan informasi disampaikan dalam bentuk biner, sehingga mudah dipahami oleh komputer. Dalam proses komunikasi, hardware yang digunakan dalam transmisi dan penerimaan data adalah modem, multiplex, dan front-end processor. Media yang dapat digunakan dalam transmisi data antara lain twisted-pair wire, kabel coaxial, kabel fiber-optic, gelombang mikro, satelit, gelombang radio, dan infrared.

Jaringan adalah peralatan, media, dan software komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Berdasarkan jangkauannya, jaringan terbagi menjadi PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network). PAN melibatkan komputer yang sangat sedikit dan bersifat privat, sehingga dapat digunakan untuk jaringan di rumah. LAN lebih luas daripada PAN dan bersifat lokal sehingga dapat digunakan untuk jaringan di rumah atau kantor. MAN lebih luas daripada LAN dan biasanya digunakan sebagai jaringan antar kota. WAN memiliki cakupan yang paling luas dan digunakan sebagai jaringan penghubung dari seluruh penjuru dunia, Contoh WAN adalah internet.

Ada berbagai topologi yang dikenal dalam jarngan, antara lain bus, star, ring, tree/hierarchical, dan hybrid. Topologi hybrid merupakan gabungan dari dua jenis atau lebih topologi yang berbeda. Topologi-topologi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan topologi ditentukan berdasarkan pemilihan software, interface card, dan wiring strategy.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php